Kota Pekalongan Bisa Gelar Vaksin Booster Hari Ini

Kota Pekalongan - Kota Pekalongan memenuhi syarat untuk menggelar vaksinasi Covid-19 dosis ketiga (booster) mulai hari ini, Senin (24/1/2022). Vaksinasi booster ini bisa dilakukan di seluruh fasilitas pelayanan kesehatan (fayankes) di Kota Pekalongan.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Pekalongan, Dr Slamet Budiyanto SKM MKes saat diwawancarai di Kecamatan Pekalongan Selatan, Minggu (23/1/2022) mengungkapkan bahwa Kota Pekalongan termasuk daerah yang bisa melaksanakan vaksinasi booster karena capaian vaksinasinya sudah memenuhi syarat baik untuk umum ataupun lansia.

"Saat ini memang arahan dari pusat itu vaksinasi booster diprioritaskan untuk lansia. Hanya saja di Kota Pekalongan ini lansia jumlahnya sedikit. Kalau menghitung 6 bulan setelah vaksinasi dosis 1 atau 2 yang memenuhi vaksinasi booster sekitar 5 ribu sekian," terang Budi.

Oleh karena itu dikatakan Budi, sembari menunggu dropping vaksin dari pusat, masih ada beberapa vaksin yang masih dapat dimanfaatkan untuk vaksinasi. "Untuk stok vaksinasi booster kita terbatas, untuk dosis 1 atau 2 stok vaksin cukup. Jadi mulai Senin ini dijadwalkan vaksinasi booster bagi pelayan publik," tandas Budi.

Budi menjadwalkan seluruh puskesmas untuk mulai melaksanakan vaksinasi booster per Senin ini. "Kami juga sudah menjadwalkan vaksinasi untuk pelayan publik Kota Pekalongam mulai hari Senin ini dengan pelaksana Dinas Kesehatan, RSUD Bendan, dan Klinik Kartika. Target kami 68 persen atau 24 ribu lansia atau kelompok rentan di Kota Pekalongan," pungkas Budi.

(Tim Komunikasi Publik Dinkominfo Kota Pekalongan)