Kota Pekalongan Berpeluang Capai KLA Utama

Kota Pekalongan yang saat ini menyandang Predikat Madya pada Kota Layak Anak (KLA) Tahun 2022 lalu, di tahun 2023 ini dinilai berpeluang bisa mencapai predikat Utama.
Hal ini diungkapkan oleh Asisten Deputi (Asdep) Perlindungan Perempuan dan Anak Kondisi Khusus pada Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Republik Indonesia (Kemen-PPA RI), Elvi Hendrani usai beraudiensi dengan Walikota Pekalongan, HA Afzan Arslan Djunaid terkait verifikasi lapangan (verlap) KLA Tahun 2023 di Kota Pekalongan, berlangsung di Kantor Pemerintah Kota Pekalongan, Kamis siang (15/6/2023).

Elvi menjelaskan bahwa, di tahun 2022 lalu, Kota Pekalongan telah berhasil mencapai KLA dengan predikat Madya dengan nilai 783. Jumlah nilai ini dianggap sudah bisa masuk ke predikat Nindya, bahkan dari Provinsi Jawa Tengah mengusulkan kemungkinan masuk ke predikat Utama dan dilihat indikator di lapangan menunjukkan kelayakan predikat yang Utama.

"Permintaan dari Provinsi apakah ada kemungkinan untuk menyandang Predikat Utama pada KLA tahun ini. Utama artinya nyaris 100 persen indikator terpenuhi," ucapnya

Elvi mengaku sangat senang dan mendukung, jika Kota Pekalongan mampu mendapatkan predikat KLA Utama, namun pihaknya menilai hal ini memiliki pertanggungjawabansecara moral yang serius.

"Salah satunya mengenai perlindungan khusus bagaimana mencegah anak masuk ke kelompok perlindungan khusus serta bagaimana penangannya jika anak sudah masuk dalam kelompok perlindungan khusus. Itu semua akan kami nilai kesesuaiannya di lapangan," pungkasnya.