Koleksi Ribuan Buku Tambah Daya Tarik Pemustaka

Pengembangan koleksi perpustakaan menjadi aspek penting bagi Perpustakaan Daerah (Perpusda), tersedianya koleksi yang baik dan memadai diharapkan mampu menambah daya tarik dan kekuatan tersendiri Perpusda.

Sepanjang tahun 2023, koleksi buku Perpusda Kota Pekalongan terdapat penambahan sekitar 2700an buku cetak dan 316 buku digital, “Penambahan 2023, kita dapat DAK sebanyak kurang lebih 200 juta menyediakan 1.625 eksemplar, selain itu juga penambahan bantuan program TP-BIS 1.100 judul,” jelas kepala bidang perpustakaan Dinas Kearsipan dan Perpustakaan (Dinarpus) Kota Pekalongan, Ismanto, Selasa (16/1/2024)

Adapun jenis buku yang disajikan oleh Perpusda Kota Pekalongan sangat beragam baik buku Ilmu Pengetahuan, agama, sosial, buku cerita serta lainnya. Lebih lanjut ia menyebutkan saat ini jumlah koleksi bahan bacaan cetak sebanyak 102rb dan untuk buku digital sebanyak 7900an judul. 

Diharapkan dengan penambahan koleksi bisa memperkaya dan menyegarkan referensi di Perpusda Kota Pekalongan, sehingga akan ada lebih banyak pemustaka yang mengakses dan mencukupi kebutuhan referensi bacaan masyarakat setempat.