Kerja Bakti Massal Tangani Dampak Banjir Rob

Pasca banjir rob di Kota Pekalongan, warga di Wilayah Kelurahan Degayu, Kecamatan Pekalongan Utara, Kota Pekalongan melakukan kerja bakti massal, Jumat pagi (3/2/2023). Adapun kerja bakti yang dilakukan yakni pembuatan taman, normalisasi sungai, pemasangan kisi-kisi penahanan sampah dan kebersihan lingkungan. 

Kepala Kelurahan Degayu Sumadi melalui Sekretaris lurah Degayu, Tisya Oktariadhani mengungkapkan bahwa Degayu merupakan salah satu wilayah di Kecamatan Pekalongan Utara yang terdampak banjir dan rob. Hari ini diadakan kerja bakti massal sembilan RW yakni RW 1 sampai dengan RW 9 Kelurahan Degayu, selain melibatkan warga sekitar juga BPBD Kota Pekalongan dan pegawai kelurahan. "Dampak adanya banjir rob kemaren menyisakan banyak tumpukan sampah dan sungai perlu dilakukan normalisasi," tutur Tisya. 

Selain kegiatan normalisasi sungai disebutkan Tisya bahwa para warga membuat taman dan membersihkan lingkungannya. "Wilayah RW 1,2,3,5,6, dan 7 melakukan normalisasi sepanjang sungai Susukan, RW 4 penataan taman, dan RW 7, 8, dan 9 pembersihan di wilayah. Di RW 6 juga pemasangan kisi-kisi agar sampah dari daerah Selatan tidak ke wilayah Degayu," jelas Tisya. 

Tisya berharap melalui kegiatan ini dapat meningkatkan kesadaran warga untuk lebih menjaga kebersihan serta semakin peduli terhadap penanganan dampak rob. "Semoga masyarakat Degayu semakin maju dan sejahtera. Selain itu wilayahnya juga aman dari bencana apapun," ujar Tisya. 

Dikatakan Tisya, daerah Degayu terdapat banyak jembatan yang rendah sehingga banyak sampah yang menyangkut. Kegiatan kerja bakti ini juga untuk menangani sampah tersebut.