Kenang Perjuangan R.A Kartini, SDN Podosugih 01 Gelar Kegiatan Edukatif

Sebagai penerus bangsa, generasi muda diharuskan mengenal dan memahami perjuangan para pahlawan, untuk itu perlu adanya dukungan dan peran serta dari dunia pendidikan melalui sekolah, hal inilah yang dilakukan oleh SD Negeri Podosugih 01. Dalam memperingati hari Kartini yang jatuh pada 21 April, SDN Podosugih 01 melaksanakan beberapa kegiatan edukatif dan menarik mengusung tema Raden Ajeng Kartini diantaranya membaca puisi, live music dan lomba fashion show, di halaman setempat, Rabu (24/4/2024).

Kepala SDN Podosugih 01 Pekalongan, Resti Pramita mengatakan seluruh peserta didik kelas I sampai VI diikutsertakan ada kegiatan peringatan hari Kartini tersebut. “Alhamdulillah hari ini kami berkesempatan memperingati hari kartini dengan menyelenggarakan beberapa kegiatan, diawali dengan apel, membaca puisi, live music dan puncak acaranya lomba fashion show,” bebernya.

Resti mengatakan bahwa, peserta didik harus belajar mengenang jasa-jasa pahlawan Raden Ajeng Kartini yang dikenal sebagai sosok emansipasi wanita. “Tidak hanya mengenang, kami ingin anak-anak bisa meneruskan perjuangan R.A Kartini ataupun cita-cita bangsa tentunya dengan prestasi dan ilmu yang mereka miliki, mudah-mudahan akan hadir Kartini-Kartini dari sekolah kami, ” ujar Resti.

Menggelar lomba fashion menggunakan pakaian adat, Resti ingin mengenalkan budaya Indonesia terutama pakaian adat, sehingga menambah wawasan mereka dan menumbuhkan rasa cinta budaya Indonesia. 

Sementara itu, Nabila siswi kelas V yang menggunakan pakaian adat Bali mengaku senang bisa memakai pakaian tersebut. Di kesempurnaan ini, ia juga melihat pakaian adat dari daerah lain yang belum pernah ia ketahui sebelumnya. “Senang banget, belum pernah pakai pakaian adat, mudah-mudahan bisa dapat juara 1,” ujarnya.

Salah satu siswi yang tampil membawakan puisi tentang R.A Kartini, Balgis, siswi kelas IV merasa senang bisa membacakan puisi yang ditulis oleh sang ibu di hadapan para guru dan siswa SDN Podosugih 01.

(DINKOMINFO KOTA PEKALONGAN)