Kemenpora Identifikasi Bakat Atlet Kota Pekalongan

KOTA PEKALONGAN - Penurunan prestasi atlet Indonesia yang dialami di tingkat Asia Tenggara, Membuat Kemenpor merasa perlu untuk mencari bibit-bibit atlet di sejumlah daerah, kali ini Kota Pekalongan menjadi Kota keempat program identifikasi bakat atlet cabang olehraga atletik yang di ikuti 300 pelajar Jumat (28/9) di Stadion Hoegeng.
Seperti telah diketahui Kontingen Indonesia turun pada posisi ke 5 di SEA Games 2017, dari yang sebelumnya di SEA Games Singapura 2015 di posisi ke 4.
“Sebenarnya olahraga Indonesia sedang mengalami penurunan. Maka dari itu kami lakukan identifikasi bakat di daerah,” ujar Ria Lumintu Instruktur atletik asia Tenggara, Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora).
Dia menjelaskan, Kemenpora saat ini sedang melakukan pengembangan atlet dengan progres pelatihan jangka panjang. Identifikasi ini bertujuan untuk melihat dan mencetak atlet-atlet baru untuk nantinya dapat berprestasi di daerah, provinsi, nasional, bahkan sampai internasional.
Identifikasi bakat ini diikuti 300 pelajar usia 12 sampai dengan 15 tahun. “Cara identifikasinya, dengan menggunakan 10 item bidang olahraga yang, yang catatan capaian siswa dan siswi ini akan diinput, selanjutnya data yang keluar dijadikan patokan di kategori mana pelajar akan dibina.
Disampaikan salah seorang atlet nasional Surya Agung yang juga menjadi tim Identifikasi bakat calon Atlet Kemenpora, mengatakan program identifikasi bakat ini  juga  sedang berlangsung di beberapa kota di Indonesia, khusunya cabang olahraga Atletik, Angkat Besi dan Dayung.“Ditahun ini, program identifikasi bakat Cabang Atletik di Kota Pekalongan ini yang  keempat atau Kota terakhir,  sebelumnya kegiatan yang sama dilaksanakan di Jawatimur dan NTB.” tambahnya.
Kegiatan yang diselenggarakan oleh kemenpora bekerjasama Dengan dinas pariwisata pemuda dan olah raga kota Pekalongan ini menjadi langkah awal pemerintah daerah untuk membina dan mengarahkan bakat anak-anak kota pekalongan untuk kedepan dapat berkiprah di bidang olah raga yang sesuai dengan bakat masing-masing.
TIM KOMUNIKASI PUBLIK KOTA PEKALONGAN