Kembangkan Motorik Halus Anak Usia Dini Lewat Lomba Gambar dan Finger Painting

Dalam rangka memeriahkan Ta'sis ke 80, Yayasan Ma'had Islam Kota Pekalongan menyelenggarakan lomba menggambar bebas tingkat TK dan finger painting tingkat KB bagi seluruh peserta didik lembaga pendidikan anak usia dini (PAUD) se-Kota Pekalongan, bertempat di lapangan basket SMP Islam setempat, Kamis (3/11/2022). 

Ketua panitia lomba finger painting KB, Noor Alimah menyebutkan bahwa 87 lembaga pendidikan diikutsertakan dalam lomba menggambar TK dengan kategori usia 3-4 tahun 11 bulan dan lomba finger painting diikuti oleh KB, SPS, dan TPA se-Kota Pekalongan dengan kategori usia 5-6 tahun 11 bulan. Lanjutnya akan dipilih juara favorit 1-10 dan juara I,II, III akan mendapat piala, bingkisan serta uang pembinaan. 

Sementara itu, ketua panitia lomba menggambar bebas TK, Mutiara Aminah mengungkapkan bahwa biasanya tingkat TK diadakan lomba mewarnai, namun kali ini tema yang dipilih adalah lomba menggambar, dimana dinilai lebih mengeksplor kemampuan imajinasi dan kreativitas sesuai dengan perkembangan usianya, "Kalau lomba mewarnai, terlalu monoton, biasanya anak sudah didikte oleh guru pendamping terkait pemilihan warna-warnanya, sehingga mereka kurang bebas berekspresi," terangnya. 

Dan pemilihan lomba finger painting bagi anak usia KB bertujuan untuk melatih perkembangan motorik halus yang perlu diasah dan dikembangkan di usianya, "Finger painting tidak kita fokuskan untuk tema tertentu, bentuknya abstrak, dari warna primer mereka bermain dengan tangannya untuk memunculkan berbagai macam warna," sambungnya. 

Lebih lanjut, Sekretaris Yayasan Ma'had Islam Pekalongan, Nur Khaan berharap dengan lomba adanya lomba ini dapat melahirkan generasi muda yang menjadi tokoh atau orang yang mahir dalam bidangnya yang dapat menyalurkan bakatnya sesuai dengan kemampuan yang dimiliki kepada orang lain sesuai dengan akhlak dan akidah Islam.