Kembangkan Implementasi Program Smart City, Kota Pekalongan Ikuti Forum Smart City

Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia (Kemkominfo RI) menyelenggarakan Forum Smart City di Shangri-La Hotel Surabaya pada 12-14 Juni 2023. Kegiatan yang mengusung tema Mencerdaskan Kota dan Kabupaten untuk Indonesia Cerdas ini diikuti kota dan kabupaten se-Indonesia yang sudah menerapkan smart city. 

Di sela-sela kegiatan di Surabaya, Selasa (13/6/2023), Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Dinkominfo) Kota Pekalongan, Arif Karyadi mengungkapkan bahwa pada kegiatan ini dibahas tentang tantangan dan peluang pengembangan implementasi program smart city.

"Alhamdulillah kita dapat mengikuti forum smart city se-Indonesia ini. Dengan adanya forum ini kita bisa membuat perbandingan apa yang sudah dilakukan Pemerintah Kota (Pemkot) Pekalongan dan kota atau kabupaten lainnya di Indonesia," tutur Arif. 

Menurut Arif hal ini dapat menjadi tolok ukur sejauh apa hal yang dilakukan pemkot dan daerah lain, sehingga ketika ada suatu program di daerah lain yang dapat diimplementasikan di Kota Pekalongan dapat kita gali informasi atau pengetahuannya. 

"Selama ini Kota Pekalongan sudah menerapkan smart city untuk pelayanan pemerintahan dan pelaksanaan semua kegiatan di pemerintahan, bahkan kaitannta dengan penanganan sampah juga mengimplementasikan program smart city," tukas Arif.