Kelurahan Krapyak Juara Lomba LBS Kota Pekalongan Tahun 2022

Kelurahan Krapyak, Kecamatan Pekalongan Utara, Kota Pekalongan menjadi pemenang juara pertama dalam Lomba Lingkungan Bersih dan Sehat (LBS) tingkat Kota Pekalongan Tahun 2022. Hal ini terungkap dalam kegiatan Sarasehan Sepeda K3 yang dirangkai sekaligus dengan Penyerahan Hadiah Lomba Sekolah Adiwiyata Tingkat Kota dan Peringatan Hari Penanaman Pohon yang digelar oleh Pemerintah Kota Pekalongan melalui Dinas Lingkungan Hidup setempat, berlangsung di Halaman SMP Negeri 10 Kota Pekalongan, Jumat (25/11/2022). 

Sekretaris Daerah Kota Pekalongan, Hj Sri Ruminingsih yang hadir dalam kegiatan tersebut mengungkapkan bahwa, Lomba Lingkungan Bersih dan Sehat Tingkat Kota Pekalongan yang diikuti oleh Kelurahan-Kelurahan yang telah ditunjuk oleh masing-masing Kecamatan bertujuan agar kualitas lingkungan Kota Pekalongan menjadi semakin meningkat.

"Contohnya, dalam hal kondisi lingkungannya bebas sampah dan bebas bau tak sedap, kualitas udara tergolong bersih tidak tercemar zat-zat kimia berbahaya, sistem drainase lancar, tidak mengandung limbah berbahaya, dan tidak tersumbat sampah, tidak ada rumput atau semak belukar yang pertumbuhannya mengganggu lingkungan, dan lain-lain," jelas Sekda Ning, sapaan akrabnya.

Pada kesempatan tersebut,  pemenang lomba LBS Tingkat Kota Pekalongan Tahun 2022 yakni Kelurahan Krapyak mendapatkan hadiah sebesar Rp15 juta dan trophy, juara kedua yaitu Kelurahan Podosugih mendapat hadiah Rp 7,5 juta dan trophy, dan Juara ketiga diraih oleh Kelurahan Jenggot dengan hadiah Rp5 juta dan trophy. Sementara, untuk pemenang lomba Sekolah Adiwiyata Tingkat Kota Pekalongan Tahun 2022 dimenangkan oleh SMP Negeri 3 Kota Pekalongan dengan hadiah Rp5 juta, SD Negeri Kandang Panjang 02 sebagai juara kedua dengan hadiah Rp4 juta, dan juara ketiga SD Negeri Tirto 01 Kota Pekalongan dengan hadiah Rp3 juta, masing-masing dengan trophy.

Lurah Krapyak, Banar Budi Raharjo mengaku bersyukur bahwa kelurahannya keluar sebagai pemenang juara pertama dalam Lomba LBS tingkat Kota Pekalongan Tahun 2022 ini. Pihaknya menyampaikan terimakasih kepada perangkat kelurahan, warga Krapyak, Pemkot Pekalongan dan semua pihak yang telah mendukung kegiatan ini sehingga Kelurahan Krapyak bisa keluar sebagai pemenang.

"Kami selalu turun ke warga untuk mengadakan penyuluhan dan komitmen bersama untuk menggalakkan kebersihan lingkungan sekitar agar kampung-kampung kami senantiasa bersih, asri, nyaman, dan sehat. Kami juga rutin melaksanakan kerja bakti setiap hari Jumat," tutur Banar.

Pihaknya berharap, dengan diperolehnya penghargaan Peringkat I Lomba LBS Tahun 2022 ini, kebersihan lingkungan di masyarakat Krapyak tidak hanya berhenti untuk kepentingan lomba saja.

"Melainkan, kami bersama-sama warga juga tetap bisa berkomitmen mengimplementasikan kesadaran kepedulian dan kebersihan lingkungan di kehidupan sehari-hari secara berkelanjutan," pungkasnya.