KBAF 2022 Jaga Eksistensi Batik Kota Pekalongan

Paguyuban Kampung Batik Kauman (PKBK) pada momentun Hari Batik Nasional (HBN) ini kembali menghelat Kauman Batik Art Fest (KBAF) 2022 dengan mengusung tema Melepas Goresan Semangat Menumbuh Harapan. Berbagai stand fashion, kuliner serta penampilan komunitas turut meramaikan KBAF 2022 yang digelas selama tiga hari yakni Jumat (21/10/2022) sampai Minggu (23/10/2022).

Dalam salah satu rangkaian KBAF 2022 yakni Srawoeng Swaroeng Night Art, mewakili Walikota Pekalongan, Kepala Dinas Perindustrian dan Tenaga Kerja Kota Pekalongan, Dr Sri Budi Santoso MSi (SBS) membuka kegiatan KBAF 2022, Jumat malam (21/10/2022). "Kami menyambut gembira atas terselenggaranya KBAF. Ini menunjukkan kreativitas para komunitas di Kauman dalam menjaga eksistensi batik. Semoga event inh terus terjaga dan ditingkatkan agar menjadi andalan bagi kota Pekalongan untuk membangkitkan ekonomi," tutur SBS.

SBS berharap event di Kauman bisa menjadi inspirasi dan memberikan semangat bagi komunitas batik di Kota Pekalongan. "Kampung-kampung lainnya harapannya juga meningkatkan kreativitas dan inovasinya seperti mendorong event seperti ini untuk menggerakkan ekonomi di Kota Pekalongan," kata SBS.

Sementara itu Ketua PKBK, Husni Mubarok menjelaskan bahwa kegiatan KBAF 2022 ini new brand of Kampung Batik Kauman yang mengusung tema Melepas Goresan Semangat Menumbuh Harapan. "Momentum ini menjadi semangat kami dari Kampung Batik Kauman untuk bertumbuh dari situasi sulit ke situasi yang lebih baik ke depannya," tandas Husni.

Husni berharap kegiatan ini semakin sering diadakan, tak hanya di Kauman atau kampung wisata tetapi kampung-kampung lainnya bisa berinovasi untuk mendukung Kota Pekalongan sebagai Kota Kreatif Dunia. Pasalnya setiap 4 atau 5 tahun sekali Kota Pekalongan sebagai Kota Kreatif Dunia dievaluasi, semakin banyak event kreatif akan membantu penilaian Kota Pekalongan. 

Kaitannya dengan rangkaian KBAF 2022 disebutkan Husni, kalau Srawoeng Swaroeng ini ada stand kuliner, stand batik/fashion, penampilan dari komunitas art juga akan mewarnai acara ini seperti Doodle Art Pekalongan, Perupa Pekalongan, Pekalongan Nulis, dan komunitas lainnya. Berbagai pertunjukan musik juga akan meramaikan acara ini seperti Dua Sejoli.