Karang Taruna Ikut Andil dalam Mengedukasi Masyarakat Pentingnya Vaksinasi

Karang Taruna Kota Pekalongan turut berpartisipasi ambil bagian dalam menyukseskan pelaksanaan vaksinasi Covid-19 di Kota Pekalongan.

Ketua Karang Taruna Kota Pekalongan, Sachrul Pamuji Utomo menyampaikan bahwa, Karang Taruna ikut mengedukasi masyarakat untuk tidak menolak menerima suntik vaksin Covid-19.

"Kami memberikan pemahaman dan sosialisasi kepada masyarakat khususnya masyarakat rentan seperti Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) di Rutan dan Lapas tentang pentingnya vaksinasi Covid-19," tutur Sachrul usai memberikan sosialisasi pentingnya vaksinasi Covid-19 dalam kegiatan pelaksanaan vaksinasi inklusif yang menyasar ratusan WBP dan, berlangsung di dalam Rutan setempat, Senin (6/3/2023).

Menurutnya, dalam menyukseskan edukasi pentingnya vaksinasi Covid-19 ini, Karang Taruna menggandeng sejumlah pihak diantaranya Jalin Foundation, dan Migrant Care. Usai diberi edukasi pentingnya vaksinasi ini, pihaknya bersyukur antusiasme warga binaan untuk ikut melengkapi dosis vaksinasi terutama dosis booster 2 bisa tinggi. 
" Melengkapi vaksinasi hingga dosis booster 2 sebagaimana anjuran pemerintah ini bermanfaat untuk memperkuat daya tahan tubuh agar terhindari dari bahaya penularan virus Covid-19. Kami ditarget 900 orang sasaran lansia dan difabel," ungkapnya.

Lanjut Sachrul menambahkan, selain edukasi pentingnya vaksinasi ke warga binaan, Karang Taruna juga menyosialisasikan hal serupa kepada pengurus Muslimat, PKK, dan beberapa lokasi dan kelompok masyarakat yang terdapat lansia dan disabilitas serta kelompok rentan lainnya.

"Kami bekerjasama dengan Jalin Foundation dan Migrant untuk memberikan pemahaman agar semakin banyak masyarakat dengan kesadaran diri sendiri untuk mau divaksin. Alhamdulillah, kami sudah berjalan ketiga kali ini, dari kami memberikan sosialisasi, kemudian ditindaklanjuti oleh Migrant Care dan Dinas Kesehatan untuk pelaksanaan vaksinasinya," paparnya.

Karutan Kelas IIA Pekalongan, Anggit Yongki Setiawan menyampaikan apresiasi kepada semua pihak yang telah berpartisipasi dalam percepatan vaksinasi dengan sasaran Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) maupun petugas Rutan Kelas IIA Pekalongan. Anggit menyebutkan, untuk total keseluruhan petugas pemasyarakatan di Rutan Kelas IIA Pekalongan ada 63 orang dan WBP sebanyak 199 orang. Dari 199 orang itu terdiri dari 6 WBP perempuan dan 193 orang WBP laki-laki.

"Kami menyampaikan terimakasih kepada Karang Taruna Kota Pekalongan yang telah memberikan sosialisasi pentingnya vaksinasi Covid-19 kepada warga binaan kami agar tetap waspada dan jangan sampai lengah terhadap penularan Covid-19 ini. Meski kasusnya sudah landai kasus Covid-19nya, tetapi kita semua tetap harus waspada dan berkomitmen tinggi untuk mencegah penularan, salah satunya dengan melengkapi dosis vaksinasi hingga dosis booster 2," pungkas Anggit.