Kantor POS Cabang Pekalongan Salurkan Serentak 3 Jenis Bantuan Sosial

PT Pos Indonesia Cabang Pekalongan menyalurkan 3 bantuan sosial secara serentak yaitu BLT BBM, sembako tunai dan program keluarga harapan (PKH) dari Kementerian Sosial RI kepada wilayah cakupanya yakni kota Pekalongan, Kabupaten Pekalongan dan Kabupaten Batang dimulai sejak 22 November 2022.

Deputi EGM kantor cabang utama PT Pos Pekalongan, Yudi Bayu Wardana menyebutkan besaran bantuan yang diberikan yaitu BLT BBM dengan total 300 ribu rupiah per keluarga penerima manfaat (KPM), sembako tunai sebesar 600 ribu rupiah, sedangkan besaran PKH bervariasi berdasarkan kategori KPM, “BLT BBM untuk 2 bulan dimana per bulan sebesar 150 ribu rupiah, sembako tunai untuk 3 bulan setiap bulan 200 ribu rupiah dan program terbaru PKH ini besarannya tidak sama tergantung KPM seperti ibu hamil, ibu menyusui dan lainnya,” katanya saat dikonfirmasi di ruang kerjanya, Rabu (23/11/2022).

Lebih lanjut, ia merinci hingga saat ini total KPM Kota Pekalongan mencapai 26.804, Kabupaten Pekalongan 82.650, dan Kabupaten Batang 64.105 KPM yang tersebar di seluruh kecamatan dan kelurahan/desa. Disampaikan Yudi bahwa 1 KPM dapat menerima salah satu  atau 2 bantuan sosial dan ada yang mendapat 3 jenis bantuan tersebut. 

Pihaknya menargetkan pada 5 Desember mendatang, bantuan dapat tersalurkan sampai dengan 100 persen. Untuk mencapai target tersebut, ia telah melakukan koordinasi dengan Dinas Sosial P2KB setempat, kecamatan dan kelurahan/desa, pendamping PKH dan Tenaga Kesejahteraan Sosial Kecamatan (TKSK),“Beberapa titik kita serahkan langsung ke kelurahan karena kita sudah koordinasi dengan pihak terkait, ada beberapa kelurahan yang siap karena punya kondisi space yang luas, ada yang dilakukan di kecamatan dan di kantor kami ini memfasilitasi untuk wilayah utara," imbuhnya.

Adapun persyaratan yang harus dibawa oleh KPM antara lain KTP/KK asli, Yudi menerangkan jika penerima berhalangan hadir dapat diwakilkan oleh anggota keluarga penerima lain yang masih dalam 1 KK dan cukup umur.

Terpisah, salah satu penyaluran yang dilakukan hari ini di Kelurahan Tirto, Lurah Tirto, Nur Imaniah melalui kepala seksi pembangunan dan kesejahteraan masyarakat, Erwina Agustina menyebutkan penyaluran 3 jenis bantuan sosial kepada total 878 KPM dilaksanakan di aula Kantor Kecamatan Pekalongan Barat mulai pukul 07.00, Rabu (23/11/2022) dan akan dirampungkan di hari yang sama,“Prosesnya kami menerima undangan dari kantor pos kemudian kami pilah sesuai dengan RW untuk dibagikan ke ketua RT nya, jadi tidak memilah berdasarkan bantuan, tetapi keseluruhan," jelasnya.

Sementara itu, salah satu warga Tirto penerima KPM, Suroni mengaku terbantu dengan adanya bantuan sosial yang telah diterimanya, “Saya menerima bantuan BLT BBM dan sembako tunai dengan jumlah 900 ribu rupiah, rencana untuk benerin rumah yang rusak karena sering terkena banjir, supaya lebih rapi dan nyaman," pungkasnya.

(Tim Komunikasi Publik Dinkominfo Kota Pekalongan)