Kantongi Sertifikat Kompetensi, Permudah Alumni BLK Dapat Pekerjaan

Kebermanfaatan pelatihan yang digelar oleh Pemerintah Kota Pekalongan melalui Balai Latihan Kerja (BLK) setempat banyak dirasakan oleh alumni peserta pelatihan, salah satunya Jihan Fakhira (18 tahun).

Mengikuti pelatihan kerja di tahun 2023 dengan jurusan pembuatan roti dan kue, saat ini ia sudah bekerja di satu coffee shop ternama di kota Pekalongan. Memiliki background keluarga yang bergerak dunia catering, membuat Jihan terbiasa menggeluti dunia bakery, sehingga dirinya merasa kompetensi yang ia pilih sesuai dengan passionnya.

Jihan mengaku banyak yang ia dapat setelah menyelesaikan pelatihan di BLK seperti ilmu, pengalaman, relasi yang luas serta sertifikat kompetensi melalui uji kompetensi yang diberikan oleh BLK, “Setelah lulus SMA, saya ikut daftar pelatihan, wawancara tahap kedua tidak lolos, tapi Alhamdulillah dipanggil lagi karena mengundurkan diri. Tidak lama lulus pelatihan, saya mencoba ngedrop lamaran di beberapa coffe shop, caffe dan mall, kemudian dipanggil wawancara dan bersyukur langsung lolos dan bisa kerja,” katanya.

Lebih lanjut, ia memberikan motivasi bagi peserta yang saat ini sedang melakukan pelatihan agar tidak menyia-nyiakan kesempatan dan bersungguh-sungguh mengikuti materi serta praktek yang diberikan para instruktur sebab tidak semua orang mendapatkan kesempatan yang sama.