Kali Kedua, Kabupaten Gunung Kidul Studi Tiru Dekranasda Kota Pekalongan

Dewan Kerajinan Nasional  Daerah (Dekranasda) kota Pekalongan mendapat kunjungan dari rombongan pengurus Dekranasda kabupaten Gunung Kidul. Rombongan Dekranasda Kabupaten Gunung Kidul diterima oleh ketua Dekranasda Kota Pekalongan, Inggit Soraya didampingi plt Kepala Dindagkop-UKM setempat, Supriono bertempat di aula Museum Batik, Senin (13/11/2023).

Usai menyambut tamu rombongan, Inggit mengaku senang dan berterima kasih kepada Dekranasda kabupaten Gunung Kidul yang sudah memilih Kota Pekalongan sebagai tempat tujuan untuk kaji terap, "Alhamdulillah, kunjungan dari kabupaten Gunung Kidul ini bukan pertama kalinya, artinya insyaallah kota Pekalongan ini punya daya tarik tersendiri yang bisa menarik tamu-tamu dari daerah lain," ujarnya.

Inggit berharap tak hanya menyambangi, kota Pekalongan dapat memberikan informasi penting dan bagus sehingga bisa diterapkan oleh daerah lain yang tujuannya meningkatkan peran Dekranasda di daerahnya masing-masing, "Di kesempatan ini, sekilas saya sampaikan capaian dari Dekranasda kota Pekalongan, bagaimana mempunyai UMKM binaan, jumlah UMKM, jenis UMKM dan produk apa yang ada di dalamnya, kemudian bagaimana kami memberikan fasilitas baik promosi online maupun offline lalu juga fasilitas pelatihan pameran dan lainnya," imbuhnya.

Sementara itu, ketua Dekranasda kabupaten Gunung Kidul, Diah Purwanti Surnaryanta menyampaikan  terima kasih atas sambutan hangat dari jajaran Dekranasda Kota Pekalongan, ia berharap ajang berguru ini dapat menambah ilmu yang positif dan membangun untuk diimplementasikan di kabupaten Gunung Kidul, "Banyak sekali yang bisa kita ambil, sesuai dari paparan ketua Dekranasda Kota Pekalongan, salah satu yang ingin kami tiru adalah fasilitas pemasaran online maupun offline bagi UMKM binaan, luar biasa sangat menginspirasi, mudah-mudahan bisa kami tiru," tukasnya.

Usai kegiatan paparan, rombongan diajak menilik showroom Dekranasda yang berada dalam satu gedung dengan Museum Batik Kota Pekalongan.