JICA Kunjungi Polmas Polres Pekalongan Kota

Kota Pekalongan – Sejumlah perwakilan dari JICA atau Japan Internasional Cooperation Agency melakukan kunjungan ke Mapolres Pekalongan Kota,  dalam rangka melihat proses penerapan Perpolisian Masyarakat di Kota Batik,  Rabu (5/12)  2018.

 

Salah seorang perwakilan dari JICA Mr. Kobayyashi mengatakan, JICA telah mensupport dan membantu Indonesia, untuk meningkatkan peran perpolisian masyarakat sejak tahun 2000.

 

“ Saat ini, Kami ingin melihat implementasi dari proyek kerja sama tersebut, dengan cara melihat aktivitas percontohan yang telah dilaksanakan sebelumnya,” Kata Kobayashi.

 

Menurut Kobayashi, Jawa Tengah menjadi salah satu tempat  percontohan penerapan kerja sama, yang mana telah menunjukkan dan melaksanakan tugasnya dengan bagus serta memuaskan.

 

“ Oleh karena itu, dengan kedatangaan Kami ke Kota Pekalongan, ingin melihat  dan untuk mempelajari situasi sebenarnya,” ungkapnya.

 

Kobayashi mengungkapkan, sejauh ini, pihak JICA mengaku sangat terkesan atas kerja sama yang memuaskan, akan memberikan masukan  berdasarkan pengalaman di Jepang dalam hal pelaksanaan tugas-tugas perpolisian masyarakat.

 

“ Kami percaya saat ini sudah saatnya untuk meningkatkan sebuah kemitraan baru, yang lebih baik lagi. Sehingga mitra JICA diminta untuk menjabarkan sejauh mana program  yang telah dilaksanakan,” terangnya.

 

Sementara itu,  Kapolres Ajun Komisaris Besar Polisi Ferry Sandy Sitepu menjelaskan, pihaknya  tidak akan bisa mengadopsi 100 persen seperti di  Jepang.  Namun pihaknya tertarik dengan di   Jepang,  ketika melihat kejadian apapun masayarakat  mau melaporkannya ke polisi.

 

“ Kami  berharap pada masyarakat jangan seperti pada zaman dahulu lagi, masyarakat ketika atau melihat polisi selalu berusaha menjaga jarak.  Dan  segala permasalahan hukum tidak semuanya di naikan ke ranah hukum dan bisa diselesaikan dengan musyawarah. ( Tim Komununikasi Publik Dinkominfo Kota Pekalongan)