Jemaah Kota Pekalongan Sudah Boleh Umrah

Kota Pekalongan - Kementerian Agama (Kemenag) Kota Pekalongan menyampaikan kabar gembira bagi jemaah Kota Pekalongan yang ingin bertandang umrah. Pasalnya P
per 1 Desember 2021 ini, pihak kerajaan Arab Saudi sudah siap untuk membuka pintu umrah bagi jemaah Indonesia.

Hal ini disampaikan Kepala Seksi PHU Kemenag Kota Pekalongan, Mundakir saat dikonfirmasi melalui telepon, Selasa (30/11/2021). "Menteri Agama telah menyampaikan bahwa Arab Saudi sudah mencabut larangan penerbangan dari Indonesia. Ini berlaku mulai besok Rabu (1/12/2021)," sebut Mundakir.

Mundakir menyebutkan, tidak lagi ada persyaratan booster, namun tetap harus mematuhi protokol kesehatan (prokes) dengan menjalani karantina institusional selama lima hari. Ini harus dipatuhi dan menjadi perhatian bersama. "Kendati demikian kebijakan ini bisa juga berubah karena aturan dari Arab Saudi bisa berubah. Kemenag RI tengah menyiapkan strategi ibadah umrah, bagaiaman persiapan, pelaksanaan, dan pemulangan jemaah, kata Mundakir.

Selanjutnya diutarakan Mundakir bahwa untuk karantina di negara selama 14 hari juga tak ada. Sekarang sistemnya karantina di sini 5 hari dan di Arab Saudi 5 hari. Skrining, tes PCR, dan sertifikat vaksin tetap dibutuhkan. 

"Kaitannya dengan biaya umrah itu ada harga ada rupa, namun juga akan digodok agar tak terlalu memberatkan," pungkas Mundakir.

(Tim Komunikasi Publik Dinkominfo Kota Pekalongan)