Jaring Bibit Unggul Di Bidang Sains, Kemenag Segera Gelar KSM

Guna menyediakan wahana bagi siswa madrasah Kota Pekalongan untuk mengembangakan bakat dan minat di bidang sains, Kementrian Agama (Kemenag) setempat akan menyelenggarakan Kompetisi Sains Madrasah (KSM) tingkat kota yang akan diikuti siswa-siswi dari jenjang MI, Mts sampai MA pada 8-10 Juli mendatang.

Hal tersebut disampaikan oleh Kepala Kemenag Kota Pekalongan, Kasiman melalui kasi pendidikan madrasah, Jaelani saat ditemui di ruang kerjanya kemarin, “Sebelum pelaksanaan KSM tingkat Kota akan kita laksanakan uji coba pada 5-7 Juli, setelah itu akan berlanjut di tingkat provinsi pada 5-6 Agustus dan nasional pada 3-7 September,” terangnya.

Disampaikan Jaelani, hingga (19/6) kepesertaan kota Pekalongan berdasarkan urutan di Provinsi Jawa Tengah berada pada urutan ke-4 dengan presentasi 72 persen, “Target peserta kami sekitar 80 persen, masih ada waktu, mudah-mudahan target tersebut bisa kita capai supaya masuk di Provinsi Jawa Tengah,” lanjutnya.

Terkait mata pelajaran yang diujikan yakni keseluruhan bidang sains, untuk MI/SD matematika dan IPA terintegrasi, MTs/SMP matematika, IPA dan IPS terintegrasi serta MA/SMA meliputi matematika, biologi, fisika, kimia, ekonomi dan geografi terintegrasi.

Kemenag Kota Pekalongan menghimbau madrasah dapat memberikan dukungan dan bimbingan penuh kepada siswanya yang akan mengikuti KSM, “Semoga bisa terjaring bibit unggul yang berprestasi sesuai dengan nilai agama dan mampu berkompetisi dengan sehat,” tukasnya.