Jangan Beri Ruang Ideologi Selain Pancasila

Kota Pekalongan, Info Publik – Sebagai Dasar Negara, Pancasila tidak selamanya mulus, ternyata banyak rongrongan dari dalam negeri ataupun luar negeri. Jangan Beri Ruang Ideologi Selain Pancasila. "Ini ujian bagi kita semua, agar Pancasila dapat kita pertahankan bersama sebagai dasar negara dan ideologi negara”.

 

Demikian sambutan Pembina upacara Walikota Pekalongan HM. Saelany Machfudz dalam upacara peringatan Hari Kesaktian Pancasila di Halaman Kantor Setda Kota Pekalongan, Senin (1/10/2018).

Upacara ini diikuti oleh jajaran Forkopimda, organisasi pemerintah daerah (OPD) Kota Pekalongan, siswa, dan guru.

 

Lebih lanjut Walikota Pekalongan, HM Saelany Mahfudz menyampaikan bahwa hari ini, 1 Oktober kita peringati sebagai Hari Kesaktian Pancasila, dengan dasar Pancasila NKRI tidak selamanya mulus, ternyata banyak rongrongan dari dalam negeri ataupun luar negeri. "Ini ujian bagi Pancasila agar dapat kita temukan kembali sebagai dasar negara dan ideologi negara," tutur Saelany.

 

Pada kesempatan itu dibacakan ikrar Hari Kesaktian Pancasila oleh Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Pekalongan, Balgies Diab.

 

Ketua DPRD Kota Pekalongan, Balgies mengatakan bahwa telah ditetapkanya 1 Oktober sebagai hari bersejarah atas pengorbanan 6 jenderal dan 1 kapten telah menjadi korban. Ini sebagai wujud untuk mengenang jasa para pahlawan dan bukan untuk membuka luka lama. "Di sini kita berbagi, untuk yang pertama selalu cinta tanah air, kedua tidak membiarkan oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab merusak persatuan dan kesatuan kita atau NKRI, yang ketiga persatuan dan kesatuan wilayah masyarakat kota Pekalongan tetap terus diperjuangkan," jelas Balgies.

 

Balgies berpesan kepada masyarakat Kota Pekalongan semoga senantiasa memegang teguh Pancasila sebagai ideologi bangsa Indonesia. "saya meminta kepada seluruh masyarakat kota Pekalongan untuk senantiasa menjaga persatuan dan kesatuan bangsa dengan tidak memberikan ruang sedikitpun pada ideologi yang bertentangan dengan pancasila yang tumbuh subur di negeri. Mari kita pertahankan NKRI," pungkasnya. (MC Kota Pekalongan/Achmad Mahmudin/Dimas)