Ikuti Kompetisi Nasional, Kontingen Damkar Kota Pekalongan Berlatih Rutin

Pemadam Kebakaran (Damkar) dibawah naungan Satuan Polisi Pamong Praja, Pemadam Kebakaran, dan Penyelamatan (Satpol P3KP) Kota Pekalongan ikut berpartisipasi dalam Kompetisi Keterampilan Aparatur Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Tingkat Nasional Tahun 2023 (National Firefighter Skill  Competition 2023). Kompetisi Keterampilan Aparatur Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Tingkat Nasional Tahun 2023 (National Firefighter Skill Competition 2023). Kompetisi tersebut merupakan agenda tahunan yang diselenggarakan oleh Kementerian Dalam Negeri dan Pemerintah Daerah yang ditunjuk sebagai tuan rumah penyelenggaraan Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-104 Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan.


Kasatpol P3KP Kota Pekalongan, Sriyana melalui Kepala Bidang Kebakaran dan Penyelamatan, Agung Jaya Kusuma Aji mengungkapkan bahwa, Kegiatan National Firefighter Skill Competition terhenti selama pandemi Covid-19. Kegiatan terakhir dilaksanakan pada tahun 2020 di Kabupaten Bantul yang diikuti oleh 46 Pemerintah Daerah Provinsi dan Kabupaten/Kota. Pada Tahun 2023, kegiatan ini kembali dilaksanakan sebagai tanda dimulainya kembali semarak peringatan HUT Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan ke-104 Tahun 2023 yang akan dipusatkan di Jakarta.

"Berbeda dengan pelaksanaan sebelumnya, pada tahun ini hanya akan dipertandingkan 2 (dua) jenis lomba yaitu hose laying dan survival yang akan dilaksanakan selama 3 (tiga) hari yaitu tanggal 26 s.d. 28 Februari 2023 di Kantor Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan Provinsi DKI Jakarta yang diikuti  sebanyak 46  tim yang berasal dari 34  Pemerintah Daerah Provinsi dan kabupaten-kota,"ucap Agung, Selasa (7/2/2023).

Agung menjelaskan bahwa, untuk mempersiapkan kompetisi tersebut, Damkar Satpol P3KP Kota Pekalongan terus mendorong para personel Damkar untuk latihan secara rutin seminggu dua kali yakni setiap Senin dan Kamis di Halaman Mako Satpol P3KP Kota Pekalongan. Latihan rutin tersebut dilakukan untuk memacu kinerja dan semangat anggota Damkar Kota Pekalongan baik di bidang pengetahuan, ketangkasan, ketrampilan dalam rangka persiapan lomba tersebut maupun pelaksanaan tugas Damkar sehari-hari. 

Pihaknya menyebutkan, untuk Kontingen Damkar Satpol P3KP Kota Pekalongan mengirimkan 1 regu yang terdiri dari 8 orang yakni 2 orang official, 2 orang survival, dan 4 hose laying. Setiap personel dibekali  keterampilan bagaimana memadamkan api dan cara bertahan di ruang yang penuh asap saat menolong korban kebakaran terutama di tempat ketinggian.

"Kota Pekalongan mendapatkan undian nomor 1 dalam kompetisi ini dan di tanggal 23 dan 24 Februari ini, panitia membuka kesempatan untuk uji coba lapangan, sehingga kami harus mempersiapkan kompetisi ini secara maksimal. InshaAllah kontingen Damkar Kota Pekalongan akan berangkat ke Jakarta pada tanggal 23 Februari 2023," terangnya.

Lanjut Agung menambahkan, untuk rangkaian kegiatan National Firefighter Skill Competition 2023, yang pertama uji coba lapangan pada tanggal ( 23 - 24/2 2023) sedangkan  babak penyisihan lomba pada tanggal (26 - 27 /2 2023)  selanjutnya  final (28/2/2023). Adapun penilaian kompetisi ini berdasarkan ketepatan dan kecepatan waktu serta skill dari tim Damkar dalam menangani kejadian kebakaran dan penyelamatan korban. Pemadam Kebakaran dituntut memiliki stamina dan ketangkasan yang prima. Pantang pulang sebelum api padam merupakan motto yang selalu ada di dada setiap pemadam kebakaran. 

"Target kami mengikuti kompetisi ini bisa mengharumkan nama Kota Pekalongan, apalagi kompetisi ini tingkat nasional. Selain itu, kegiatan ini juga sebagai evaluasi anggota Damkar untuk melaksanakan kegiatan Damkar sehari-hari dalam melatih kekuatan dan kesigapan dalam bekerja lebih baik ke depannya,” pungkasnya.