IAIN SIAPKAN GENERASI BERKARAKTER ISLAM MODERAT

Kota Pekalongan, Info Publik - Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pekalongan pada Sabtu (6/10) ini menggelar Rapat Senat Terbuka dalam rangka Wisuda Magister Ke-8, Sarjana ke-36, dan Diploma Tiga Ke-22 Tahun 2018 di Sahid International Convention Centre (SICC) Kawasan Dupan Square Pekalongan.

Tema Wisuda adalah ”Memperkokoh Peran IAIN Pekalongan dalam Menyiapkan Generasi Milenial yang Berkarakter Islam Moderat di Era Revolusi Industri 4.0”. seperti yang disampaikan Rektor IAIN Pekalongan Ade Dedi Rohayana kali ini 699 mahasiswa dari berbagai program studi menjalani wisuda.

Dengan digelarnya wisuda kali ini, IAIN Pekalongan sejak Juni 1998 hingga Oktober 2018 telah meluluskan 10.188 orang. Terdiri atas 9.994 lulusan sarjana dan diploma serta 194 Magister. Rektor IAIN Pekalongan Ade Dedi Rohayana menambahkan, pada tataran institusi, banyak hal yang harus disyukuri atas kinerja dan prestasi IAIN Pekalongan hingga saat ini yang mampu terus bergerak maju guna mewujudkan visi dan misinya.

Kemajuan dan perkembangan IAIN Pekalongan, satu di antaranya ditandai dengan transformasi kelembagaan dari STAIN Pekalongan menjadi IAIN Pekalongan pada 2016, perluasan kampus II di Kajen, realisasi pembangunan gedung dan fasilitas pendidikan terpadu, peningkatan kapasitas SDM bagi dosen, tenaga kependidikan dan mahasiswanya. ”Kami patut berbangga, prestasi mahasiswa IAIN Pekalongan yang tidak saja berhasil menjadi juara di level nasional tetapi juga internasional,” ujar Ade Dedi.

Sementara disampaikan salah seorang Wisudawan S2 Hukum Islam Fery, tantangan yang dihadapi oleh wisudawan saat ini adalah persaingan didunia kerja dunia industri yang semakin kompleks di era kemajuan dan peluang pasar global, memasuki geliat industri 4.0 juga telah disiapkan pihak kampus untuk membekali alumninya dengan berbagai softskill sesuai konsentrasi program studi masing-masing.

Rektor IAIN Pekalongan Ade Dedi Rohayana menegaskan, banyak hal yang telah dicapai IAIN Pekalongan, Pada tataran institusi kinerja dan prestasi IAIN Pekalongan hingga saat ini yang mampu terus bergerak maju untuk mewujudkan visi dan misinya.

Kemajuan dan perkembangan IAIN Pekalongan, satu diantaranya ditandai dengan transformasi kelembagaan, dari STAIN Pekalongan menjadi IAIN Pekalongan di tahun 2016 lalu, serta perluasan kampus II di Kajen, realisasi pembangunan gedung dan fasilitas pendidikan terpadu, peningkatan kapasitas SDM bagi dosen, tenaga kependidikan dan mahasiswanya. (MC Kota Pekalongan/Achmad Mahmudin/Dimas Arga)