HUT RI, Kalibaros Gelar Turnamen Bulu Tangkis

Guna memeriahkan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-74 Republik Indonesia (RI) di Kota Pekalongan, masyarakat Kelurahan Kalibaros, Kecamatan Pekalongan Timur antusias menggelar berbagai kegiatan seperti Pasar Jajan yang sudah menjadi tradisi masyarakat Kota Pekalongan ketika HUT RI serta hiburan masyarakat. Bahkan, untuk membangun kekompakan masyarakat Kalibaros digelar Turnamen Bulu Tangkis yang dibuka Selasa malam (20/8/2019).

Hal ini diungkapkan Lurah Kalibaros, Saptadi usai rapat koordinasi di Kecamatan Pekalongan Timur, Rabu (21/8/2019). “Dalam rangka 17-an masyarakat di Kelurahan Kalibaros membuat rangkaian kegiatan, malam tadi telah dibuka turnamen yang digagas oleh Persatuan Bulu Tangkis (PB) Siaga Kelurahan Kalibaros. Tak hanya masyarakat Kalobaros tetappi juga diikuti oleh Setono, Karangmalang, dan Gamer yang akan berlangsung sampai delapan hari ke depan,” papar Saptadi.

Menurut Saptadi, kemerdekaan sudah menjadi warisan dari orang terdahulu, yang harus masyarakat lakukan adalah mengisi kemerdekaan dengan berbagai hal yang positif. Tugas masyarakat adalah berpartisipasi dalam pembangunan mulai dengan peduli terhadap lingkungan dan membuang sampah pada tempatnya. “Tentunya di dalam proses pembangunan peran masyarakat sangat penting, jika bukan kita sebagai masyarakat terus siapa lagi,” ujar Saptadi.

Selanjutnya terkait tradisi pasar jajan yang digelar di Kota Pekalongan, khususnya Kelurahan Kaliibaros ini digelar untuk mengenang masa zaman perjuangan melawan penjajah. Kegiatan Pasar Jajan yang digelar setiap bulan Agustus ini hampir di setiap kelurahan ada dengan menyuguhkan jajanan dan makanan secara gratis.

Saptadi berharap berbagai event secara aktif digelar untuk memeriahkan HUT RI setiap tahunnya. “Masyarakat Kelurahan Kalibaros semakin guyub dan mengeratkan silaturahminya, menguatkan kegotongroyongannya, tandas Saptadi.