HUT ke-77 RI, Anggota Satpol Melenggang Bak Model

Kota Pekalongan -Beragam kegiatan menarik dari mulai pasar jajan gratis, lomba permainan tradisional, hingga lomba peragaan busana (fashion show) ala Citayem Fashion Week turut memeriahkan Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-77 Kemerdekaan Republik Indonesia Tahun 2022, seperti yang dilakukan jajaran anggota Satuan Pamong Polisi Praja, Pemadam Kebakaran, dan Penyelamatan (Satpol-P3KP) Kota Pekalongan menggelar kegiatan lomba karaoke dipadukan dengan fashion show bertajuk "Satpol Fashion Week", berlangsung Mako Satpol P3KP setempat, Jumat (19/8/2022).

Dalam kegiatan tersebut, para anggota Satpol P3KP dari masing-masing bidang yang biasanya terlihat berseragam dan tegas di lapangan, kini harus unjuk bakat menyanyi sekaligus berlenggak lenggok bak model memperagakan aneka busana baik pakaian tradisional, profesi, hingga busana nyentrik ala seragam anak sekolah.

Kasatpol P3KP Kota Pekalongan, Sriyana menjelaskan bahwa, kegiatan tersebut digelar  dalam rangka memperingati HUT ke-77 Kemerdekaan Republik Indonesia Tahun 2022 sekaligus meningkatkan kekompakan, dan rasa kekeluargaan antar anggota Satpol P3KP.

"Satpol P3KP Kota Pekalongan pada hari ini turut memperingati HUT RI ke-77 tahun dengan menyelenggarakan kegiatan lomba menyanyi dan fashion show bertajuk Satpol Fashion Week 2022. Kami sengaja gelar setelah tanggal 17, karena memang untuk minggu-minggu kemarin, kami disibukkan dengan giat penegakkan perda, dan sebagainya," tuturnya.

Menurutnya, melalui kegiatan ini, pihaknya mengajak anggota-anggotanya keluar dari kebiasaan (out of the box). Meskipun persiapannya sangat mendadak, namun acara bisa berlangsung meriah, seru, dan lancar. Sriyana menyebutkan, masing-masing bidang di jajaran Satpol P3KP, minimal harus mengirimkan perwakilannya untuk ikut lomba. Adapun lomba menyanyi diikuti oleh 14 orang peserta, dan lomba fashion show diikuti sekitar 30 orang peserta dengan mengundang dewan juri dari luar instansi Satpol P3KP Kota Pekalongan.

"Kami kemas lomba menyanyi dan fashion menjadi kegiatan yang menyenangkan, menghibur, dan meningkatkan rasa kekeluargaan antar anggota. Menang ataupun kalah semua peserta dari masing-masing bidang terlihat sangat senang dan terhibur," ungkapnya.

Salah satu peserta lomba Satpol Fashion Week sekaligus Staf Bidang Tibum Tranmas pada Satpol P3KP setempat, Ady Suwanda mengaku senang bisa turut memeriahkan kegiatan Satpol Fashion Week ini. Dirinya mengikuti lomba fashion show dengan mengenakan seragam anak SD dan menceritakan tema yang diusungnya sehingga bisa mendapatkan juara Harapan I.

" Kostum yang saya kenakan ini ala anak SD, karena menceritakan anak SD yang ketahuan bolos dan digaruk oleh anggota Satpol untuk dilakukan pembinaan. Persiapannya memang dadakan, sehingga Saya langsung mencari kostum yang sekiranya unik dan kreatif. Dengan kegiatan semacam ini, diharapkan juga bisa membangkitkan semangat dan etos kerja serta kekompakan antar anggota Satpol P3KP dalam menjalankan tugasnya dan memberikan pelayanan secara humanis kepada masyarakat," pungkasnya.


(Tim Komunikasi Publik Dinkominfo Kota Pekalongan)