HPN 2020, Pemkot-Insan Pers Sinergi Bangun Kota

Pemerintah Kota Pekalongan akan terus bersinergi dengan pers dalam penyebaran informasi positif dan menangkal maraknya berita bohong atau hoaks. Pers telah menjadi bagian dari pembangunan di Kota Pekalongan. Hal ini diungkapkan oleh Walikota Pekalongan, HM Saelany Machfudz,SE dalam kegiatan Sinergitas Pemerintah Kota Pekalongan Bersama TNI-POLRI dan Insan Media dalam rangka Hari Pers Nasional (HPN) ke-74 Tahun 2020, bertempat di Rumah Dinas Walikota Pekalongan, Senin (17/2/2020).


”Pers memiliki andil dan peran yang sangat penting dalam pembangunan daerah, khususnya di Kota Pekalongan. Pemerintah senantiasa mendengarkan kritik dan masukan dari insan pers sebagai bahan masukan dan evaluasi dalam perencanaan maupun pelaksanaan program atau kebijakan pemerintah yang dijalankan,” tutur Saelany.

Disampaikan Saelany, sinergitas antara Pemerintah dan insan pers harus terjalin dengan baik.  Beliau berharap pers tetap menyebarkan informasi positif dan turut aktif dalam menghalau berita-berita palsu yang beredar di masyarakat.

"Selamat Hari Pers Nasional Tahun 2020. Mudah-mudahan pers masih tetap komitmen bisa bermanfaat bagi masyarakat dan membantu mendukung pembangunan Kota Pekalongan," tegas Saelany.

Kapolres Pekalongan Kota, AKBP Egy Adrian Suez,SH,SIK,MH menuturkan terkait penyebaran informasi, masyarakat maupun insan pers harus bijaksana, harus dikroscek sumber yang jelas sebelum informasi atau berita tersebut disebarluaskan.

"Kami berharap seluruh pers di Indonesia, khususnya di Kota Pekalongan, dapat terus menjaga profesionalitas dan integritas sebagai penyampai pesan kebenaran, menangkal hoaks, dan membangun optimisme di masyarakat," ucap Kapolresta Egy.

Dandim 0710/Pekalongan, Letkol. Inf. Arfan Johan Wihananto,SIP,MMS menambahkan pers mampu bersinergi dengan Pemerintah, TNI, dan POLRI dalam memajukan kota dan menjaga kondusivitas Kota Pekalongan.

"Peran, fungsi dan tugas insan pers sebagai penyebar informasi atau publikasi, dokumentasi, kontrol sosial, sarana edukasi dan hiburan, semakin dominan dan menjadi pilihan utama dalam memperluas jaringan atau koneksitas sosial di tengah dinamika kehidupan masyarakat," pungkas Dandim Arfan

(Tim Komunikasi Publik Dinkominfo Kota Pekalongan)