HKG PKK Bangga Kencana Kesehatan, Genjot Kesadaran KB Pasangan Usia Subur

Dalam rangka memperingati Hari Kesatuan Gerak (HKG) PKK Bangga Kencana Kesehatan, Dinas Sosial, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (Dinsos-P2KB) Kota Pekalongan sinergi dengan TP PKK setempat terus berupaya mewujudkan masyarakat yang sejahtera khususnya bagi ibu dan anak terus digenjot melalui pelayanan KB gratis serentak.

Ketua TP PKK Kota Pekalongan, Inggit Soraya mengatakan bahwa pelayanan KB gratis serentak ini merupakan rangkaian peringatan HKG ke-51, dilaksanakan selama dua hari yakni 22 dan 23 November 2023 menyasar 4 kecamatan antara lain di Puskesmas Jenggot, Puskesmas Dukuh, PMB Bhakti Ibu, Puskesmas Medono dan Klinik Aisyah. 

Usai melakukan monitoring di Puskesmas Jenggot dan PMB Bhakti Ibu Kota Pekalongan, Rabu (22/11/2023) mengatakan jenis pelayanan yang diberikan yakni KB MKJP dan MKPP antara lain IUD, Implan, MOP, MOW, suntik, pil, kondom, dengan sasaran utamanya adalah masyarakat yang kurang mampu, agar bisa melakukan KB. Dikatakan Inggit, di tahun ini ditargetkan sebanyak 1648 akseptor dapat melakukan KB.

“Mudah-mudahan dengan bersama-sama mengejar kesadaran KB, bisa memberikan jarak kepada ibu untuk melahirkan supaya dari ibu sehat, bayi dilahirkan juga sehat, perlu adanya perencanaan dan dengan KB ini salah satu upaya untuk memberi jarak kelahiran, harapannya dari masyarakat sadar akan kesehatan supaya yang belum melaksanakan KB terutama pasangan usia subur mengikuti program KB, karena yang direncanakan lebih baik,” tandasnya.

Dikatakan Inggit, rangkaian peringatan HKG PKK sudah melaksanakan di bulan oktober diantaranya penghargaan kader lestari bagi kader terlama di PKK, bazar dari UP2K dan pelayanan KB serentak.