Hari Jadi ke-115 Diisi Istighosah dan Doa Bersama,Panjatkan Doa Untuk Keselamatan dan Kemajuan Kota

Kota Pekalongan - Memperingati Hari Jadi Kota Pekalongan ke-115 yang jatuh pada 1 April,  Pemerintah Kota Pekalongan bersama jajaran Forkopimda Kota Pekalongan, para ulama dan umaro, tokoh agama dan tokoh masyarakat menyambutnya dengan kegiatan positif yakni melalui kegiatan Istighosah dan Doa Bersama yang digelar di Halaman Kantor Sekretariat Daerah setempat,Kamis pagi(1/4/2021). Kegiatan Istighosah dan doa bersama ini dimaksudkan untuk memanjatkan doa dan mengucapkan rasa syukur atas capaian yang telah diraih. 

Kegiatan Istighosah dan Doa bersama yang berjalan lancar dan khusyuk ini dihadiri oleh Walikota Pekalongan,HA Afzan Arslan Djunaid,SE, Wakil Walikota Pekalongan,H Salahudin,STP, Ketua DPRD Kota Pekalongan, Mochammad Azmi Basyir,ST,Msc, Sekretaris Daerah Kota Pekalongan,Hj Sri Ruminingsih,SE,MSi beserta para Asisten, Ketua TP-PKK Kota Pekalongan,Hj Inggit Soraya,SSn,Wakil Ketua TP-PKK Kota Pekalongan,Hj Istiqomah,Amd, Kapolres Pekalongan Kota, AKBP M Irwan Susanto, SIK,MH,Dandim 0710/Pekalongan, Letkol CZI Hamonangan Lumban Toruan, para Kepala OPD dan jajaran Forkopimda lainnya,serta para tamu undangan.

Sejak pagi tadi,dengan tetap mengedepankan protokol kesehatan secara ketat, para peserta istighosah dan doa bersama bersemangat melantunkan Asmaul Khusna dan ayat-ayat suci Al-Quran,sembari bermunajat kepada Allah SWT agar dalam peringatan Hari Jadi Kota Pekalongan di tahun ini mendapatkan keberkahan,kebaikan dan keselamatan untuk Kota Pekalongan.

Walikota Pekalongan yang akrab disapa Aaf mengungkapkan bahwa pada peringatan Hari Jadi Kota Pekalongan yang ke-115 pada tahun 2021 memang digelar berbeda dari tahun-tahun sebelumnya. Mengingat saat ini pandemi Covid-19 belum berakhir. Sebelum adanya masa pandemi Covid-19, peringatan hari kelahiran Kota Pekalongan tersebut biasanya diisi dengan serangkaian acara inti seperti kirab, festival budaya, berbagai macam perlombaan, dan sebagainya. Namun, di peringatan Hari Jadi tahun 2021 ini difokuskan dengan 3 agenda inti saja yakni kegiatan kerja bakti massal (26/3), kegiatan Khotmil Qur'an(31/3),dan kegiatan Puncak Peringatan dengan kegiatan istighosah, doa bersama(1/4). 

“Alhamdulillah pada pagi hari ini di acara puncak Peringatan Hari Jadi Kota Pekalongan ke-115 diisi dengan kegiatan Istighosah dan doa bersama mengundang alim ulama dan umaro untuk bersama-sama mendoakan keselamatan Kota Pekalongan supaya kota ini tetap kondusif. Memang momentum Hari Jadi di tahun ini tidak seperti biasanya yang banyak acara seremonial,namun di tahun ini difokuskan 3 agenda saja yakni kerja bakti  massal yang sudah dilaksanakan pada Jumat kemarin, Khotmil Al-Qur'an tadi malam,dan hari ini digelar Istighosah dan Doa bersama sebagai puncak acara,” terangnya.

Pada kesempatan baik tersebut,Aaf juga merasa prihatin atas kejadian yang baru-baru ini terjadi di Indonesia,yakni berita mengenai pengeboman di Makasar, dan aksi terorisme yang terjadi di Mabes Polri. Pihaknya berharap, pada momentum Hari Jadi Kota Pekalongan ini, dengan mengajak para alim ulama dan umaro dan seluruh elemen masyarakat untuk bersama-sama mendoakan Kota Pekaolongan agar tetap kondusif, dijauhkan dari marabahaya dan bencana, Covid-19,  terhindar dari paham radikalisme, narkoba, dan permasalahan-permasalahan lainnya.

“Disamping kita semua berdoa untuk kebaikan Kota Pekalongan agar dapat mengatasi permasalahan-permasalahan kota yang masih menjadi PR bersama, tentu juga kami merasa prihatin atas peristiwa yang baru-baru ini terjadi adanya berita yang cukup mengagetkan mengenai aksi pengeboman di Makasar dan aksi terorisme yang menyerang Mabes Polri. Harapannya tentu untuk Kota Pekalongan bisa tetap kondusif,peringatan ini menjadi awal tonggak bersama untuk terus merajut kerukunan antar umat beragama,memupuk rasa kecintaan kita terhadap kota sendiri. Mari bersama-sama dengan Pemerintah dan jajaran Forkopimda dan seluruh unsur elemen masyarakat untuk sama-sama berkolaborasi membangun Kota Pekalongan ini ke depan yang semakin baik, memajukan kota ini dan menyelesaikan permasalahan-permasalahan yang ada,”tandasnya.

Usai kegiatan istighosah dan doa bersama, kegiatan dilanjutkan potong tumpeng secara simbolis dari Walikota Aaf kepada Ketua DPRD Kota Pekalongan, Mochammad Azmi Basyir,ST,Msc serta penyerahan bantuan hibah mobil operasional dari Pemerintah Kota Pekalongan kepada MUI Kota Pekalongan.


(Tim Komunikasi Publik Dinkominfo Kota Pekalongan)