Harbuknas 2023 Sasar Pelajar, Dinarpus Bakal Gelar Sejumlah Lomba

Memperingati Hari Buku Nasional (Harbuknas) yang jatuh pada 17 Mei 2023, Dinas Kearsipan dan Perpustakan (Dinarpus) Kota Pekalongan akan menyelenggarakan lomba membaca cepat bagi pelajar SD dan lomba sinopsis dengan sasaran pelajar SMP di kota Pekalongan pada Juni mendatang.

Kepala Dinarpus Kota Pekalongan, Soeroso melalui kabid perpustakaan, Ismanto mengatakan bahwa dalam peringatan Hardiknas tahun ini lewat lomba yang akan dilaksanakan diharapkan bisa meningkatkan kecintaan kepada buku sehingga minat baca di kota Pekalongan juga meningkat.

“Persiapannya kita sudah mengundang tim penilai terkait kriteria dan juknis pelaksanaan tersebut, akhir mei rencanakan workshop, juni pelaksanaan lombanya selain itu juga informasi mulai kita sebarkan supaya peserta yang akan mengikuti lebih siap karena kegiatan ini cukup berbeda dengan tahun sebelumnya jadi butuh persiapan yang lebih matang,” terang Ismanto saat ditemui di ruang kerjanya kemarin.

Pada Harbuknas ini menjadi sebuah momen yang tepat untuk memperingati pentingnya budaya membaca buku, apalagi bagi generasi muda sebagai bekal masa depan mereka kelak di masa mendatang, sebab membaca juga merupakan aspek yang sangat penting bagi kehidupan manusia, mampu membentuk pribadi yang baik, intelektual dan pandai berkomunikasi.

“Cintai buku, baca buku karena buku jendela dunia, kalau ingin lebih cerdas, pintar, tahu dimanapun dunia ini, cintailah buku,” pungkasnya.