Haornas 2019 Sebagai Momentum Gelorakan Semangat Berolahraga

Puncak peringatan Hari Olahraga Nasional (Haornas) Tahun 2019 yang diperingati setiap tanggal 8 September, Pemerintah Kota Pekalongan bersama Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) setempat menjadikan momentum tersebut untuk mendorong masyarakat agar lebih menggelorakan semangat berolahraga. Peringatan Haornas tersebut digelar dalam bentuk Upacara Peringatan Haornas ke-XXXVI Kota Pekalongan Tahun 2019 yang dipimpin langsung oleh Walikota Pekalongan, HM Saelany Machfudz SE bertempat di Lapangan Mataram Kota Pekalongan, Senin (9/9/2019).

 

Dalam upacara peringatan yang dimulai sejak pukul 07.30 WIB, turut dihadiri Wakil Walikota Pekalongan, H.A.Afzan Arslan Djunaid, Sekretaris Daerah Kota Pekalongan, Hj Sri Ruminingsih SE MSi beserta para Asisten Setda, Ketua KONI Kota Pekalongan, Mochammad C Maretan beserta pengurus, jajaran Forkopimda, pelajar dan tamu undangan lainnya.

Selaku pimpinan upacara, Walikota Pekalongan, HM Saelany Machfudz SE membacakan sambutan Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Republik Indonesia, Imam Nahrawi. Dalam amanatnya, Saelany mengatakan bahwa Peringatan Haornas Tahun 2019 yang mengusung tema “Ayo Olahraga, Dimana saja, Kapan saja” mengandung makna bahwa olahraga itu mudah karena dapat dilakukan dimana dan kapan saja. Hal ini menjadi penting agar masyarakat tidak terpaku bahwa olahraga hanya dapat dilakukan di fasilitas olahraga yang tersedia.

 

“Seperti impian dari Pemerintah Pusat yaitu Presiden dan Menpora RI bahwa obsesi untuk prestasi bidang olahraga di masing-masing daerah harus meningkat baik ke tingkat Nasional hingga ke Internasional karena ke depan bisa saja Olympiade diselenggarakan di Indonesia seperti yang disampaikan Presiden, Indonesia dapat menjadi tuan rumah. Jika ini bisa terwujud, kita harus mempersiapkan tunas-tunas bangsa terbaik untuk maju ke ajang bergengsi,” ungkap Saelany.

 

Dituturkan Saelany, geliat olahraga di Kota Pekalongan sudah semakin baik dan terus berbenah untuk meningkatkan prestasi lebih baik lagi. Hal ini juga selaras dengan telah dianggarkannya beberapa fasilitas olahraga yang akan diperbaiki Pemkot Pekalongan guna menunjang prestasi cabang olahraga maupun para atlet olahraga di Kota Pekalongan.

 

“Olahraga tidak semata fasilitas olahraga yang menunjang karena merupakan bagian hidup dari masyarakat Indonesia dimana orang bisa sehat, dimanapun juga harus berolahraga. Untuk Kota Pekalongan dengan dana terbatas, kami masih terus semangat untuk menunjukkan prestasi Kota Pekalongan termasuk olahraga renang telah dianggarkan dana untuk perbaikan kolam renang, GOR Jetayu juga akan mulai diperbaiki. Sebab, fasilitas ini akan berpengaruh dalam prestasi olahraga, ruang publik dan prasarana lain juga akan kami siapkan digunakan masyarakat untuk berolahraga,” terang Saelany.

 

Sementara itu, Ketua KONI Kota Pekalongan, Mochammad C Maretan menuturkan pada momentum Haornas tahun ini dijadikan untuk mengenang dan merefleksikan perkembangan olahraga dan apresiasi kepada insan-insan olahraga di Kota Pekalongan agar senantiasa dipacu lebih bergairah kembali.

 

“Alhamdulillah di tahun ini Pemkot Pekalongan dan KONI Kota Pekalongan memberikan penganugerahan kepada para atlet maupun wasit yang telah mengharumkan nama Kota Pekalongan dari jaman 1970an hingga sekarang yang aktif telah menorehkan prestasi baik di kancah nasional maupun internasional,” ujar Maretan.

 

Disampaikan Maretan, dalam pembinaan atlet-atlet olahraga Kota Pekalongan senantiasa bersinergi dengan Pemkot setempat melalui Dinas Pariwisata, Kebudayaan, Kepemudaan, dan Olahraga (Dinparbudpora) Kota Pekalongan untuk membina para bibit-bibit muda.

 

“Dari segi SDM pembinaan sudah berjalan dan momen ini bertujuan untuk memacu supaya cabor dan atlet di Kota Pekalongan semakin bergairah. InshaAllah, pada hari Kamis besok, kami akan memanggil seluruh KONI Karesidenan Kedu, Pekalongan, Banyumas (Dulongmas) untuk membahas tahun depan apakah bisa menjadi tuan rumah untuk kemajuan olahraga di Jawa Tengah,” tandas Maretan.