Hadiri Lomba PKG PAUD, Inggit: Wujudkan Guru PAUD Kreatif dan Kompeten

Kota Pekalongan – Tenaga pendidik pada jenjang Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) adalah arsitek yang mendesain dan membangun otak anak, sehingga diperlukan peningkatan kompetensi yang harus disesuaikan dengan perkembangan jaman. Menanggapi hal tersebut, Pemerintah Kota Pekalongan melaui Dinas Pendidikan (Dindik) Kota Pekalongan menggelar Lomba PKG (Pusat Kegiatan Gugus) PAUD Tahun 2021,Selasa (30/11/2021).

Lomba PKG PAUD ini dibuka secara langsung oleh Bunda PAUD Kota Pekalongan, Hj. Inggit Soraya, Ssn sekaligus mendampingi tim juri dalam melakukan penilaian. Penilaian Lomba PKG PAUD Tahun 2021 dilakukan dengan melakukan peninjauan secara langsung ke sekolah-sekolah selama dua hari.

Selaku Bunda PAUD, Inggit sangat mengapresiasi kegiatan lomba ini karena dapat memberikan motivasi serta mendorong semangat para guru pendidik untuk terus meningkatkan kemampuan dan kreativitas mereka sehingga kedepannya dapat menjadi guru PAUD yang lebih berkompeten.

“Alhamdulillah tadi saya mengikuti Lomba PKG PAUD, hari ini tinjauan Dabin I dan Dabin IV, semoga dengan adanya lomba PKG PAUD di Kota Pekalongan ini para guru-guru pendidik khususnya guru PAUD lebih terpacu lagi untuk menjadi tenaga pendidik yang berkompeten,” tutur Inggit.

Menurut Inggit, terlebih lagi pada masa pandemi ini, anak-anak lebih sering menggunakan dan memanfaatkan teknologi yaitu gadget, oleh karena itu tenaga pendidik dituntut untuk lebih kreatif dan inovatif sehingga tetap dapat menanamkan pendidikan karakter dan menanamkan pendidikan nilai agama, budaya, dan moral pada siswa PAUD.

Saat melakukan tinjauan, Inggit melihat setiap PKG memiliki keunggulan-keunggulan program masing-masing, kemudian Inggit juga melihat hasil karya para guru yang menurutnya sangat kreatif, “Saya senang, menurut saya guru-guru sudah kreatif mungkin nanti bisa dikembangkan lagi, guru-guru dapat menggunakan bahan ada yang mudah didapat yang ada disekitar kita sehingga dapat merangsang untuk kreativitas guru-guru maupun dari anak-anak PAUD juga,” ucap Inggit. 

Setelah melakukan tinjauan, Inggit merasa cukup puas dengan program-program kerja yang sudah dilakukan, “Masing-masing tadi sudah presentasi mengenai program-program kerjanya, semua sangat bagus mudah-mudahan dapat terus diterapkan dan direalisasikan sehingga dapat terwujud guru-guru pendidik khususnya guru PAUD yang berkompeten dan kreatif,” beber Inggit.

Pada Lomba PKG PAUD Tahun 2021 ini diikuti empat PKG Dabin (Daerah Binaan) di Kota Pekalongan yaitu PKG Dabin I Kecamatan Pekalongan Barat, PKG Dabin II Kecamatan Pekalongan Selatan, PKG Dabin III Kecamatan Pekalongan Timur, PKG Dabin IV Kecamatan Pekalongan Utara.

(Tim Komunikasi Publik Dinkominfo Kota Pekalongan)