Grand Final Pekalongan Ballon Festival Semarakkan Perayaan Syawalan di Kota Pekalongan

Usai dilaksanakan babak penyisihan selama dua kali beberapa waktu lalu di Lapangan Setono dan Lapangan Sokoduwet, 30 tim kembali menampilkan kreasi balon udara pada grand final Pekalongan Ballon Festival bertepatan dengan perayaan syawalan, di lapangan Mataram setempat, Rabu (17/4/2024).

Pesona balon udara ditambatkan di area lapangan Mataram menarik antusias dari ratusan masyarakat. Festival ini menjadi kegiatan tahunan yang dilaksanakan oleh Pemerintah Kota Pekalongan, setelah tahun sebelumnya digelar di Stadion Hoegeng. Hadir menyaksikan kegiatan tersebut, Walikota Pekalongan, A Afzan Arslan Djunaid, Jajaran Forkopimda, Ketua TP PKK Kota Pekalongan, Inggit Soraya, Ketua I TP PKK, Istiqomah dan tamu undangan lainnya.

Walikota Pekalongan yang akrab disapa Aaf mengatakan bahwa balon udara dari peserta setiap tahun semakin menarik dan kreatif, begitu pula dengan antusias serta semangat dari seluruh tim yang berpartisipasi. “Kini balon udara tambat ini jadi ikon wisata kita disamping ada balon dan lopis raksasa di Krapyak, patut kita syukuri dn mudah-mudahan membawa berkah untuk seluruh masyarakat kota Pekalongan,” terangnya.

Ia berharap, tahun depan festival balon udara tambat ini bisa lebih meriah dan dapat meniadakan kebiasaan masyarakat untuk menerbangkan balon udara liar sehingga benar-benar terwujud zero balon liar di Kota Pekalongan. “Semoga masyarakat lebih tertarik dengan balon udara tambat dan menyadarkan mereka bahwa bahwa balon liar sangat berbahaya. Karena lalu lintas penerbangan di langit kota Pekalongan juga termasuk yang paling padat. Terimakasih yang sudah terlibat, tahun depan lebih ramai, berkah, pariwisata berjalan semakin baik lagi,” tambahnya.

Sementara itu, Ahmad Nurdin Aulia, Direktur Keamanan Keselamatan dan Standarisasi AirNav Indonesia menyampaikan apresiasinya karena festival ini merupakan kegiatan positif dimana kearifan lokal yang mampu menunjukkan semangat kebersamaan juga gotong royong menjaga keselamatan. “Festival ini sangat penting sebagai saranan edukasi masyarakat bahwa balon udara yang tidak terkoordinir sangat membahayakan lingkungan, kebakaran, kerugian lingkungan dan lainnya. Kami juga sudah mendapatkan laporan disampaikan oleh pilot ada 12 balon udara liar yang mengganggu penerbangan. Semoga festival ini betul-betul bisa membawa kesadaran masyarakat,” pungkasnya.

(DINKOMINFO KOTA PEKALONGAN)