Germas Targetkan Penurunan Angka Penyakit Tidak Menular

Kota Pekalongan, Info Publik - Dinas Kesehatan Kota Pekalongan menggelar pertemuan sosialisasi (workshop) gerakan masyarakat hidup sehat (germas) tingkat Kota Pekalongan di Ruang Jetayu Setda Kota Pekalongan, Rabu (3/10/2018).

Walikota Pekalongan, HM Saelany Mahfudz dalam sambutannya menyampaikan bahwa kegiatan ini diharapkan dapat membiasakan masyarakat untuk hidup sehat karena pada dasarnya lebih baik mencegah daripada mengobati. "Kegiatan ini merupakan sebuah gerakan yang diwajibkan dari pemerintah pusat sejak dua tahun yang lalu. Mudah-mudahan para undangan yang hadir dapat menyampaikan kepada masyarakat," tutur Saelany. 

Disebutkan Saelany bahwa tokoh agama dan masyarakat yang hadir pada kegiatan ini berkewajiban untuk menyampaikan kepada seluruh warga di Kota Pekalongan agar berperilaku hidup bersih dan sehat. "Efek kegiatan ini sangat luar biasa karena dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat kota Pekalongan," tukas Saelany. 

 Sedangkan Kepala Dinas Kesehatan Kota Pekalongan Slamet Budi dalam laporannya menerangkan, bahwa hari ini digelar sosialisasi dan kampanye gerakan masyarakat hidup sehat (germas) yang sudah dicanangkan sejak tahun 2017 dan disosialisasikan kepada masyarakat agar tergerak. "Kegiatan kampanye ini harus dilakukan secara terus-menerus karena partisipasi stakeholder seperti kelurahan, tokoh agama, tokoh masyarakat, dan dari pihak rumah sakit," sebut Budi. 

 

Dikatakan Budi, diperlukan partisipasi undangan untuk menggerakkan masyarakat sebagai tindak lanjut kegiatan. "Sudah ada beberapa kebijakan atau regulasi oleh pemerintah kota Pekalongan dengan edaran yang berisi implementasi germas ke seluruh komponen masyarakat. Sehingga ke depannya dapat melaksanakan edaran tersebut," ungkap Budi. 

 

Budi menjelaskan, ada juga beberapa panduan untuk germas tersendiri kami mentargetkan penurunan angka penyakit tidak menular seperti hipertensi jantung kolesterol dan sebagainya karena berhubungan dengan pola hidup atau gaya hidup seseorang. 

 

"Harapannya masyarakat semakin sadar dan senantiasa melakukan tes kesehatan, kegiatan fisik secara rutin, dan makan dengan gizi seimbang, " pungkas Budi. (MC Kota Pekalongan/Achmad mahmudin/Dimas Arga)