Gelorakan Antikorupsi di Kota Pekalongan

Kota Pekalongan, Info Publik - Kota Pekalongan kedatangan Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi Republik Indonesia (KPK RI), Agus Rahardjo dalam serangkaian Roadshow Bus KPK yang digelar Jumat (5/10/2018) sampai dengan Minggu (7/10/2018). Acara ini untuk mengajak keterlibatan masyarakat dalam gerakan pemberantasan korupsi menggelorakan semangat antikorupsi. 

Jumat (5/10/2018) diawali dengan senam bersama di Halaman Setda Kota Pekalongan yang diikuti oleh Ketua KPK, Walikota Pekalongan, Forkopimda, OPD, dan masyarakat Kota Pekalongan kemudian sarapan bersama dan dilanjutkan dengan upacara pembukaan Roadshow Bus KPK di Lapangan Mataram Kota Pekalongan. 

Sebelum membuka acara Ketua KPK RI, Ir Agus Rahardjo menyampaikan maksud dan tujuan KPK ke Kota Pekalongan. Ini untuk membumikan isu-isu pemberantasan korupsi di masyarakat, mensosialisasikan program-program antikorupsi KPK, dan mempererat keterlibatan masyarakat dalam program-program KPK. "Yang terlihat selama ini KPK adalah penindakan yang dilakukan oleh KPK, padahal KPK juga melakukan pencegahan," tutur Agus. 

 

Lanjut Agus mengimbau untuk melaporkan korupsi yang terjadi berdasarkan bukti ke KPK secara langsung atau melalui email. "Pihak manapun dan siapapun berhak melaporkan kasus korupsi dengan melampirkan bukti, jangan sampai tanpa bukti sehingga terjadi fitnah. Tentu sebagai pelapor akan kita lindungi, bahkan diberikan hadiah sebesar 2,5 per 1.000," ungkap Agus. 

 

Walikota Pekalongan, HM Saelany Mahfudz SE menyambut baik kedatangan KPK, besar harapannya agar masyarakat Kota Pekalongan mendapatkan edukasi antikorupsi. "Pendidikan antikorupsi ke pelajar ini harapannya dapat ditanamkan sejak dini, antikorupsi ini harus benar-benar kita gelorakan di Kota Pekalongan, pungkas Saelany. 

 

Seusai upacara Ketua KPK dan Walikota Pekalongan beserta rombongan mengunjungi bus KPK untuk edukasi, stand BPJS Kesehatan, stand Museum Batik, stand RS Bendan, stand Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Daerah Kota Pekalongan, dan sebagainya. 

 

Serangkaian kegiatan Roadshow Bus KPK yang akan diselenggarakan yakni pembelajaran antikorupsi melalui media e-Learning edukasi antikorupsi untuk pelajar dan masyarakat Umum yakni melalui mendongeng, playday boardgames, musik Akustik, simulasi penyidik cilik, sosialisasi antikorupsi, pentas budaya, diskusi pemutaran film, dan games interaktif, juga akan ada sosialisasi antikorupsi di sekolah, kuliah umum di Universitas Pekalongan. (MC Kota Pekalongan/Achmad Mahmudin/Dimas Arga)