Gedung Perpusda Baru Kota Batik Semakin Nyaman, Miliki Wahana Permainan Anak

Meskipun belum diresmikan Perpustakaan Daerah (Perpusda) Kota Pekalongan telah menempati gedung baru dan mulai beroperasional. Ratusan pemustaka mulai berkunjung dan mengaku takjub dengan gedung baru Perpusda Kota Batik ini. 

Perpusda Kota Pekalongan sekarang tidak lagi di Jetayu, sekarang sudah pindah di Jalan H Sabrawi, Kelurahan Tirto, Kecamatan Pekalongan Barat.

Gedung perpusda yang dibangun di atas lahan seluas 4.026 meter persegi ini memiliki 3 lantai. Lantai 1 ada layanan layanan wahana permainan dan wahana edukasi bagi anak dan layanan disabilitas, serta ruang referensi. Kemudian, di lantai 2 ada banyak koleksi buku-buku mulai dari buku fiksi, non fiksi, bahasa asing, dan sebagainya, serta di lantai 3 ada fasilitas layanan administrasi, audio visual, dan podcast. 

Lengkapnya wahana permainan di Perpusda Kota Batik membuat para orang tua membawa anaknya untuk berkunjung. Selain untuk belajar anak-anak juga akan nyaman bermain di sini. 

Salah seorang pemustaka, warga Wiradesa, Agung Setyobudi mengajak anak dan istrinya ke gedung baru Perpusda sembari mengenalkan budaya literasi sejak dini kepada anaknya. "Istri saya lihat unggahan di instagram dan tertarik untuk berkunjung di gedung baru ini. Kebetulan punya member sini nanti bisa untuk pinjam buku," katanya. 

Agung melihat pembangunan gedung ini dilakukan bertahap dan ada wahana untuk anak, ia putuskan kesini agar anaknya bisa puas bermain, belajar, dan berinteraksi dengan teman sebayanya. "Koleksi anaknya sudah cukup lengkap, yang masih kurang jumlah kursinya mejanya, perlu ditambah lagi. Semoga dengan adanya gedung baru ini semakin dapat meningkatkan minat baca masyarakat," ungkapnya.

Sementara itu, Kepala Bidang Perpustakaan Dinarpus Kota Pekalongan, Ismanto menyebutkan jam operasional pelayanan Perpusda baru ini, hari Seni-Kamis mulai pukul 07.30-15.45 WIB, Jumat pukul 07.30-14.00 WIB, dan Sabtu dan Minggu pukul 07.30-13.30 WIB. "Meskipun gedung baru Perpusda ini belum launching, kami tetap melayani pengunjung secara maksimal. Mohon doanya untuk kelancaran launching nantinya," tutup Ismanto.