Final Duta Wisata Disambut Ribuan Penonton

Kota Pekalongan, Info Publik - Menjadi tuan rumah dalam Pemilihan Mbak dan Mas Jawa Tengah menjadi suatu kehormatan bagi Pemerintah Kota Pekalongan karena menjadi bagian upaya untuk mempromosikan potensi wisata, kuliner, dan Budaya Kota Pekalongan. Final Pemilihan Duta Wisata Jawa Tengah telah dilangsungkan di Aula Sahid Mandarin Kota Pekalongan, Kamis malam, (15/11/2018). Ribuan penonton dan tamu undangan dari berbagai daerah memenuhi aula, bersorak-sorai mendukung para finalis favoritnya. 

 

Walikota Pekalongan yang diwakili oleh Sekda Kota Pekalongan, Sri Ruminingsih menyampaikan rasa terima kasihnya kepada Dinas Kepemudaan, Olahraga, dan Pariwisata (Disporapar) Provinsi Jawa Tengah telah menunjuk Kota Pekalongan sebagai tuan rumah. "Finalis Mbak dan Mas Jateng dari 35 kabupaten/kota telah kami ajak untuk city Tour mengenal potensi yang ada di Kota Pekalongan, semoga Kota Pekalongan turut dipromosikan di kabupaten/kota masing-masing," ungkapnya. 

 

Kepala Disporapar Provinsi Jawa Tengah, Urip Sihabudin menyampaikan, dengan adanya duta wisata ini harapannya dapat mempromosikan potensi wisata di Jawa Tengah, tentunya ini akan meningkatkan ekonomi dan pendapatan daerah. "Jawa Tengah memiliki potensi wisata yang luar biasa, masyarakat juga harus sadar bahwa wisata mampu mendatangkan kesejahteraan," tandas Urip. 

 

Urip berpesan agar Mas Mbak Jateng ini dapat mempromosikan wisata secara langsung atau online melalui media sosial. Tak hanya itu budaya andhap asor dan tata krama duta wisata juga harus menjadi teladan bagi masyarakat. "Para finalis harus bisa legowo atas hasil pemilihan ini, mari selalu raih prestasi dan asah bakat, tetap belajar dan berkarya, serta turut mempromosikan wisata," ujar Urip. 

 

Hasil pemilihan Mas dan Mbak Jateng tahun 2018 ini juara I diraih oleh Mas Nicko Yudhoyono Prabowo dari Kabupaten Temanggung dan Mbak Arfemy Yoana dari Kabupaten Sragen. Enam besar Mas Jawa Tengah dari Kabupaten Boyolali, Kabupaten Purbalingga, Kota Salatiga, Kabupaten Pati, Kabupaten Blora, dan Kabupaten Temanggung dan enam besar Mbak Jateng dari Kabupaten Rembang, Kabupaten Solo, Kabupaten Sragen, Kabupaten Wonosobo, Kota Semarang, dan Kabupaten Kudus. Juara atribut pemilihan Mas dan Mbak Jawa Tengah meliputi Intelegensi, persahabatan, kepribadian, penampilan terbaik, dan favorit. Untuk Mas dan Intelegensi yang terpilih yakni Mas Roni Wahyu Sejati dari Kabupaten Semarang dan Mbak Hendri Ayu Diah Muspita dari Kabupaten Magelang, kemudian Mas dan Mbak Persahabatan yakni Mas Orlando Diet Ade S dari Kabupaten Sukoharjo dan Mbak Amarta Nisaulliaya dari Kabupaten Batang, Mas dan Mbak Kepribadian yakni Mas Alif Syahdila dari Kota Pekalongan dan Mbak Pingkan S Pinatis dari Kota Salatiga. Selanjutnya Mas dan Mbak dengan penampilan terbaik yakni Mas Bagus Jati Panuntun dari Kabupaten Batang dan Mbak Lilin Eva Putri sari dari Kabupaten Banyumas, untuk Mas dan Mbak Favorit yakni Mas Sigit Fani Ramadhan dari Kabupaten Kebumen Mbak Dinda Nur Safira dari Kota Surakarta. 

 

(Tim Komunikasi Publik Dinkominfo Kota Pekalongan)