Dukung Smart City, Big Data Analitycs Dikenalkan

Kota Pekalongan - Sebagai bentuk kepedulian PT Telkom terhadap perkembangan Smart City di Kota Pekalongan Tim dari PT Telkom mengenalkan Platform Big Data Analytics kepada Pemerintah Kota Pekalongan. Kunjungan Tim dari PT Telkom Witel Pekalongan tersebut disambut baik oleh Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Dinkominfo) dan Tim Smart City yang terdiri atas pejabat Dinkominfo dan Bappeda setempat.

Platform Big Data Analitycs dipaparkan langsung di Ruang Rapat Dinas Komunikasi dan Informatika (Dinkominfo) Kota Pekalongan, Kamis (2/7/2020).

Manager PT Telkom Witel Pekalongan, Atik Rahmawati Tri Astuti menjelaskan bahwa PT Telkom berupaya mendukung smart city melalui big data. "Big data ini sangat penting untuk pemerintahan, pasalnya melalui big data pemerintah akan dapat menganalisis dan membuat solusi untuk kebijakan ke depannya," papar Atik.

Lanjut Atik menyebutkan bahwa big data dapat dimanfaatkan untuk masalah UMKM, kegiatan smart city, lalu lintas, CCTV, dan sebagainya. "Nanti kita support big data ini agar bisa menyeluruh mulai dari prediktif, perspektif, dan analitik. Big data analitik ini seperti satu data. Data yang tersebar akan dijadikan satu. Nanti ada semacam platform untuk dashboardnya," kata Atik.

Misalnya untuk data pendidikan, UMKM, pertanian, perdagangan, dan sebagainya datanya bisa diolah dan dimanfaatkan masyarakat serta government untuk membuat kebijakan dalam suatu bidang.

Sementara itu, Kepala Dinkominfo, Yos Rosyidi SIP MSi mengungkapkan bahwa sejak tahun 2018 Kota Pekalongan terpilih sebagai salah satu kota/kabupaten di Indonesia dalam program gerakan menuju 100 Smart City. Dukungan dari PT Telkom dengan produknya yakni Big Data Analitycs tentu akan sangat membantu percepatan implementasi smart city di Kota Pekalongan. "Ya tadi telah dipaparkan mengenai platform big data analitik dari PT Telkom yang akan sangat membantu dalam penerapan smart city di Kota Pekalongan, meskipun demikian secara internal kami akan mengidentifikasi terlebih dahulu hal-hal yang dibutuhkan oleh Kota Pekalongan untuk kemudian didiskusikan kembali dengan Tim PT Telkom," terang Yos,

Disampaikan Yos bahwa nantinya hasil paparan final akan dilaporkan kepada Walikota Pekalongan. "Setelah final akan kami laporkan kepada Walikota, kami berharap nantinya dapat disetujui pimpinan karena dengan Platform Big Data ini maka data-data UMKM, pendidikan, perdagangan, dan sebagainya akan mudah didapatkan, diolah, dan dimanfaatkan oleh masyarakat," tandas Yos.

(Tim Komunikasi Publik Dinkominfo Kota Pekalongan)