Dorong Peningkatan Sektor Perikanan, DKP Susun SiApkan

Guna mendorong kebangkitan sektor perikanan Kota Pekalongan, Pemerintah Kota (Pemkot) melalui Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) menyusun Sistem Informasi Aplikasi Perikanan (SiApkan) Kota Pekalongan sebagai strategi peningkatan pelayanan masyarakat. 

DKP Kota Pekalongan berkoordinasi dengan Walikota Pekalongan, Achmad Adzan Arslan Djunaid dan stakeholder lainnya di Technopark Perikanan Kota Pekalongan beberapa waktu lalu. Terobosan baru ini untuk melayani perizinan dan pelayanan di sektor perikanan secara online melalui SiApkan.

Menurut Walikota Aaf terobosan ini menjadi ide luar biasa, pasalnya sekarang sudah serba online termasuk layanan perizinan usaha dan lainnya. "Misal untuk sektor perikanan juga perizinannya dilakukan secara online diharapkan dapat mendorong kebangkitan perikanan di Kota Pekalongan," kata Aaf. 

Lanjut Aaf, adanya SiApkan ini dibarengi dengan perencanaan pelabuhan onshore harapannya dapat berjalan lancar sehingga sektor perikanan bisa kembali membaik. 

Sementara itu, Kepala DKP Kota Pekalongan,  Sugiyo menjelaskan bahwa melalui SiApkan nantinya proses pelayanan mulai dari layanan informasi, layanan administrasi, dan layanan kegiatan akan terangkum dalam aplikasi ini. "Dengan ini pelayanan akan lebih mudah dan cepat karena hanya diakses melalui portal website saja. Beberapa contoh pelayanan yang nantinya ada di SiApkan di antaranya permintaan surat rekomendasi BBM bagi nelayan kecil di bawah 30 gross ton, dimana yang sebelumnya nelayan harus datang langsung nantinya melalui SiApkan bisa diurus secara online saja," papar Giyo. 

Lanjut Giyo membeberkan, hal-hal yang bersifat elektronik misalnya e-lelang, e-retribusi, dan sebagainya melalui aplikasi ini akan memberikan kemudahan. Masyarakat bisa menghemat biaya transportasi untuk mengurus surat-surat sehingga biaya tersebut dapat dimanfaatkan untuk hal lainnya.