Dishub Responsif Tangani Perbaikan PJU

Menindaklanjuti laporan aduan masyarakat, sejak awal tahun 2023 hingga 24 November 2023, Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Pekalongan telah melakukan langkah  responsif dengan memperbaiki sebanyak 1.182 titik Penerangan Jalan Umum (PJU) dari total 13.000an PJU di wilayah Kota Batik tersebut.

Plt Dishub Kota Pekalongan, Soesilo melalui Kepala Bidang Lalu Lintas Dishub setempat, Mohammad Karmani menyebutkan, ada sekitar 8 laporan masuk terkait kerusakan PJU setiap harinya atau rata-rata minimal 100 PJU tiap bulan. Menurutnya, penanganan dilakukan 2x24 jam kecuali Hari Sabtu dan Minggu.

"Perbaikan-perbaikan PJU itu terus kami lakukan. Dimana, trendnya pada Tahun 2023 ini mengalami kenaikan dibandingkan Tahun 2022 lalu, dimana di tahun sebelumnya setiap bulan perbaikan kurang dari 100 PJU, namun di tahun ini sudah 100 perbaikan," ucapnya saat ditemui di ruang kerjanya Selasa siang (28/11/2023).

Karmani menyebutkan, penyebab kerusakan mayoritas disebabkan oleh  faktor usia lampu, cuaca, dan beberapa warga yang memanfaatkan jaringan listrik PJU untuk keperluan lain. Adapun mekanisme perbaikan PJU ada 2 yakni monitoring oleh petugas Dishub setiap harinya keliling ke lokasi-lokasi yang telah ditentukan kemudian hasil monitoring dilaporkan untuk dilaksanakan perbaikan keesokan harinya. Disamping itu, ada juga dari laporan masyarakat yang masuk ke kanal-kanal aduan PJU yang telah dibuka oleh Dishub Kota Pekalongan. Pihaknya menambahkan, masyarakat bisa melaporkan kerusakan PJU melalui Wadul Aladin, Lapor Gub, atau WhatsApp PJU Kota Pekalongan di nomor 0895-2414-1616 dengan disertai foto agar memudahkan pencarian titik perbaikan PJU.

"Karena hampir 13 ribu titik PJU, sehingga ketika masyarat melapor disertai dengan dokumentasi foto bisa mempersingkat waktu perbaikan," pungkasnya.