Dishub dan Satlantas Lakukan Pengamanan dan Rekayasa Lalu Lintas Event Syawalan

Kota Pekalongan - Dinas Perhubungan (Dinhub) Kota Pekalongan bersama dengan Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polres Pekalongan Kota  melaksanakan pengamanan dan rekayasa lalu lintas pada pelaksanaan event tradisi Syawalan atau H+7 usai Lebaran Idul Fitri di Kota Pekalongan, Rabu (17/4/2024).

Kepala Bidang Angkutan dan Pengendalian Operasional Lalu Lintas Dinhub Kota Pekalongan, Endang Kostaman menyebutkan, seperti agenda tahunan rutin sebelumnya, terdapat dua agenda khas yang menjadi ciri tradisi Syawalan di Kota Pekalongan, yakni pemotongan lopis raksasa di Krapyak Kidul dan Grand Final Pekalongan Ballon Festival 2024 di Lapangan Mataram Kota Pekalongan yang mengakibatkan arus lalu lintas padat di momentum tersebut.

"Posko dan pengamanan lebaran arus mudik dan balik selesai pada Selasa, 16 April 2024 pukul 24.00 WIB. Kemudian, kami dari Dishub dan Satlantas berfokus mengerahkan personel untuk pengamanan arus lalu lintas di perayaan Syawalan di Kota Pekalongan, pada Rabu, 17 April 2024,"ucap Endang usai mendampingi Walikota Pekalongan, HA Afzan Arslan Djunaid melaksanakan sidak kehadiran dan kedisiplinan pegawai setelah cuti bersama lebaran 2024 di Kantor Dinas Perhubungan Kota Pekalongan, Selasa siang (16/4/2024). 

Oleh karenanya, menurutnya, rekayasa lalu lintas diperlukan untuk mengurai kemacetan. Seperti penutupan sementara di JI. Jlamprang sebagai salah satu akses menuju lokasi pemotongan lopis raksasa Krapyak dan JI. Wilis yang menjadi ruas jalan yang berdekatan dengan lokasi Grand Final Festival Balon Udara Tambat Pekalongan 2024 selama acara berlangsung. Pihaknya mengimbau kepada masyarakat yang ingin mengikuti kegiatan Syawalan agar memarkirkan kendaraannya di tempat yang aman, senantiasa tertib berlalu lintas dan selalu berhati-hati di jalan karena arus lalu lintas padat.

"Animo masyarakat cukup besar untuk merayakan tradisi Syawalan di Kota Pekalongan. Kami sudah koordinasi dengan Satlantas Polres Pekalongan Kota untuk merekayasa lalu lintas seperti tahun-tahun sebelumnya. Kami berharap, warga yang ingin meramaikan momentum Syawalan, dimohon juga untuk meningkatkan kewaspadaan mengingat pada momentum tersebut arus lalu lintas ramai dan dipadati banyak orang,"tandasnya. (Dian).