Dinperpa Tuntaskan Vaksin Booster PMK dan Penanganan Gangguan Reproduksi Sapi

Pemerintah Kota Pekalongan melalui Dinas Pertanian dan Pangan (Dinperpa) menyambut bulan bakti peternakan dan kesehatan hewan melaksanakan kegiatan pelayanan terpadu kesehatan hewan dengan pemberian vaksin booster penyakit mulut dan kuku (PMK) dan penanganan gangguan reproduksi pada sapi sejak 11-16 Oktober 2023.

Kepala Dinperpa Kota Pekalongan, Muadi melalui kepala bidang peternakan dan kesehatan hewan, Ilena Palupi saat ditemui di peternakan Sapi Ali Saadi, Clumprit kemarin mengatakan bahwa penyakit infeksi virus PMK ini bisa berdampak pada gangguan reproduksi sapi sehingga untuk mengembalikan kesuburan hewan diberikan vitamin dan hormon supaya subur kembali.

“Target dari vaksin booster PMK ini adalah 218 ekor sapi dan penanganan gangguan reproduksi menyasar 60 ekor,” jelas Ilena.

Sementara itu, pemilik Peternakan Sapi Ali Saadi, Sutoyo mengaku senang dan mengapresiasi kegiatan yang digelar oleh Dinperpa Kota Pekalongan, karena menurutnya pelayan terpadu kesehatan hewan ini sangat membantu bagi peternakannya sehingga kesehatan hewan ternaknya bisa lebih terjamin, juga membantu proses pengembangbiakan sapi.

“Pemberian vaksin booster PMK pada sapi kami sangat bermanfaat, karena tahun lalu 50 ekor sapi disini pernah terjangkit PMK, namun sekarang sudah sembuh dan ditambah vaksin booster ini, mudah-mudahan sapi di peternakan kami semakin sehat,” tandasnya.