Dinperpa Susun Agenda Kerja PPL

Dinas Pertanian dan Pangan (Dinperpa) Kota Pekalongan mulai menyusun agenda kerja Penyuluh Pertanian Lapangan (PPL) tahun 2023. Berbagai langkah mulai dari perencanaan, pelaksanaan, hingga evaluasi akan dilakukan untuk mendorong petani di Kota Pekalongan agar semakin sejahtera melalui kelompok tani dan perorangan, selain itu juga menyukseskan Kawasan Rumah Pangan Lestari (KRPL) di Kota Pekalongan. 

Hal ini diungkapkan Staf Bidang Pertanian, Tanaman Pangan, dan Holtikultura, Muhyidin selalu Koordinator PPL Dinperpa saat dikonfirmasi melalui telepon, Kamis (5/1/2023). "Ada 9 orang PPL di Dinperpa yang bertanggung jawab melakukan sosialisasi dan pembinaan terkait pertanian dan pangan. Dari jumlah tersebut dibagi ke empat kecamatan, masing-masing kecamatan berjumlah 2 PPL, khusus Kecamatan Pekalongan Selatan ada 3 PPL," beber Muhyidin. 

Diterangkan Muhyidin bahwa proses perencanaan kegiatan penyuluhan pertanian sudah dilakukan, metode dan juga sasaran telah ditentukan. Saat ini PPL tengah menyusun Rencana Kerja Tahunan Penyuluh (RKTP) yakni rencana tertulis yang dibuat oleh PPL untuk suatu wilayah kerja tertentu dalam bentuk kegiatan penyuluhan pertanian.

 "Tujuan akhir dari penyuluhan, sosialisasi, dan pembinaan yang dilakukan PPL yakni agar para petani di Kota Pekalongan semakin sejahtera," kata Muhyidin 

Disebutkan Muhyidin rangkaian penyuluhan cukup panjang sampai nantinya para petani dapat berdemonstrasi mengenai alat yang mereka gunakan. 

Kemudian ketika PPL melakukan pembinaan ke KRPL harapannya masyarakat juga berperan aktif sehingga mereka mendapatkan nilai ekonomi atau penghasilan tambahan, misalnya dengan memanfaatkan halaman rumah untuk menanam sayur. "Secara tidak langsung kegiatan ini juga akan meningkatkan tingkat konsumsi sayuran di Kota Pekalongan," tukas Muhyidin.