Dinperinaker Gandeng LPK Swasta untuk Pelatihan Kerja

Kota Pekalongan - Dinas Perindustrian dan Tenaga Kerja (Dinperinaker) Kota Pekalongan selain mengadakan pelatihan kerja di Balai Latihan Kerja (BLK) Kota Pekalongan juga menggelar pelatihan keterampilan dengan menggandeng Lembaga Pelatihan Kerja Swasta (LPK). Sehingga masyarakat Kota Pekalongan dapat mengikuti pelatihan keterampilan yang berlokasi di LPK swaswa binaan Dinperinaker Kota Pekalongan.

Hal ini diungkapka Kepala Seksi Pelatihan dan Produktivitas Kerja, Muhammad Yusuf SIP saat dikonfirmasi melalui telepon, Selasa (4/5/2021). "Di samping pelatihan di BLK yang kami laksanakan, kami ingin memberdayakan LPK untuk kerjasama menggelar pelatihan untuk masyarakat. Ini sekaligus untuk mengakomodasi masyarakat Kota Pekalongan yang terdampak Covid-19 yang kehilangan pekerjaan," terang Yusuf.

Dijelaskan Yusuf bahwa saat ini sudah dibuka pendaftaran hingga 12 Mei nanti. Kendati demikian, sepekan dibuka hampir semua kejuruan penuh. "Kami buka lima kejuruan yang masing-masing kuotanya per kelas 16 orang yakni menjahit, handy craft, operator komputer, setir mobil, teknisi handpone. Untuk kejuruan setir mobil dibuka dua kelas yakni 16 orang kali dua," papar Yusuf.

Pelatihan di LPK Swasta ini akan dilaksanakan 
selama sebulan yakni 24 Mei sampai dengan 29 Juni 2021. "Untuk pesertanya ini tanpa tes jadi kami ambil 16 pendaftar pertama, dan syarat peserta harus ber-KTP Kota Pekalongan," kata Yusuf.

Pelatihan di LPK ini gratis dan Dinperinaker siapkan modul pelatihan, snack, dan transport harian. Usai pelatihan juga diberikan sertifikat pelatihan.

"Untuk lima kejuruan ini akan ditempatkan di beberapa LPK, menjahit di LPK Modiste Dani, handy craft di LPK Nisfusanu, Operator Komputer di LPK Pembangunan, setir mobil di LPK Satria Jaya dan LPK Aquarius, dan teknisi hp di LPK Raja Bina Kerja," pungkas Yusuf.

(Tim Komunikasi Publik Dinkominfo Kota Pekalongan)