Dinilai Baik dalam Pengelolaan, TPI Kota Pekalongan Terima Kunjungan Dinas Perikanan Kota Jayapura

Dinilai sebagai salah satu daerah yang memiliki pengelolaan Tempat Pelelangan Ikan (TPI) yang baik, Dinas Perikanan Kota Jayapura melaksanakan kaji terap dan kunjungan ke Kota Pekalongan didampingi Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) setempat, di TPI Kota Pekalongan, Kamis (5/9/2024).

Dalam kunjungan tersebut, rombongan Dinas Perikanan Kota Jayapura disambut baik Kepala DKP Kota Pekalongan, Sugiyo bersama Kepala TPI setempat, Muhammad Mahson. Sugiyo menjelaskan bahwa kunjungan ini menjadi sebuah kesempatan untuk belajar bersama terkait pengelolaan ikan. 

“Seperti yang kita tahu bahwa di Jayapura, potensi perikanan cukup tinggi akan tetapi sampai dengan saat ini Pemerintah Kota Jayapura belum memiliki mekanisme pelelangan ikan, sehingga Dinas Perikanan Kota Jayapura belajar bersama bagaimana sistem pelelangan yang diselenggarakan oleh Pemerintah Kota Pekalongan melalui Dinas Kelautan dan Perikanan,” katanya.

Dijelaskan Sugiyo, TPI Kota Pekalongan akan menyampaikan mulai dari proses pembongkaran, penataan, penimbangan dan pelelangan ikan, pencatatan administrasi, proses pembayaran ikan, termasuk regulasi yang menjadi dasar penyelenggaraan tempat pelelangan ikan di Kota Pekalongan baik Peraturan Daerah (Perda) maupun Peraturan Walikota (Perwal). 

Sementara itu, Kepala Dinas Perikanan Kota Jayapura, Matheys Sibi memberikan apresiasi atas sambutan yang diberikan oleh DKP Kota Pekalongan.

“Kemarin kami sudah diberikan ilmu banyak sekali pengolahan TPI dan hari ini kami bisa melihat langsung aktivitas proses lelang disini, tentu apa yang kami lihat akan diadopsi dan ditindaklanjuti setelah sampai di Jayapura,” ujarnya.

Matheys menjelaskan mengapa memilih TPI Kota Pekalongan untuk menjadi percontohan TPI di Kota Jayapura, sebab Kota Pekalongan merupakan salah satu daerah di Provinsi Jawa Tengah selain Tegal yang memiliki TPI tersebar, sehingga menginspirasi pihaknya untuk melakukan studi tiru baik sisi pengelolaan, produksi, pelayanan agar bisa dijadikan dasar untuk perencanaan TPI di Kota Jayapura.

(DINKOMINFO KOTA PEKALONGAN)