Dinhub Mulai Ganti Palang Pintu KA Dengan Sensor Otomatis

Kota Pekalongan, Info Publik - Dinas Perhubungan, mulai menganti palang pintu kereta api di perlintasan sebidang di wilayah Kota Pekalongan, dengan mengunakan sensor otomatis, hasil kerja sama dengan BPPT.

Sebelumnya palang pintu kereta api di Kota Batik, yang dijaga oleh petugas dari Dishub, masih menggunakan sistem kerja manual, sehingga harus ada personil yang menutup palang pintunya.

Kasi Pembinaan Lalu Lintas Dihub setempat, Endang Kostaman mengatakan, palang pintu di perlintasan kereta api di Tirto dan Gamer, sudah di pasang sensor otomatis sehingga lebih memudahkan petugas jaga.

" Sudah kami memasang ada dua. Sistemnya dengan memakai remote, jadi bisa manual tapi juga bisa secara otomatis, jadi petugas tidak lagi harus menarik palang pintunya, tahun ini di Tirto dan Gamer dan Setono ", terang Endang.

Selain itu, pihak Dinhub juga akan menambah palang pintu di perlintasan Pusri, karena palang yang saat ingin tersedia tidak selebar sesuai dengan kondisi jalan sehingga rawan diterobos.

" Kita juga akan tambahi di perlintasan Pusri, sebab yang dari PT KAI itu, palangnya kurang lebar jadi banyak penegdara yang menerobos. Dan ini membahayakan kesalamatan dan kasian petugasnya suka teriak-teriak mengingatkan masyarakat ", katanya.

Endang mengungkapkan setelah palang terpasang di Tirto, Gamer maupun Dekoro, sehingga  semua palang pintu perlintasan keret api, akan mengunakan sistem otomatis.

" Berarti sudah berpalang semua, kadang-kadang karena kurangnya kesadaran masyarakat saja, sudah beberapa kali palang pintu otomatis tersebut di tabrak, sehingga harus diperbaiki", pungkasnya.

Sebelumnya pihak Dinas Perhubungan, telah bekerja sama dengan Badan Pengkajian dan Penerapan Tehnologi atau BPPT, untuk pengunaan sistem sensor pada palang pintu kereta api di Kota Pekalongan.

 

(Tim Komunikasi Publik Diskominfo Kota Pekalongan)