Dindik Gelar Pelatihan Bagi Operator PPDB Online

Kota Pekalongan – Untuk memperlancar proses penerimaan peserta didik baru (PPDB) sekaligus memberikan pelayanan pada masyarakat secara transparan, obyektif, dan akuntabel, Dinas Pendidikan (Dindik) Kota Pekalongan menggelar Pelatihan Aplikasi PPDB Tahun 2021 bagi operator SD, MI dan SMP, di Aula B Dindik setempat, Selasa (15/6/2021).

Ketua Panitia PPDB Kota Pekalongan, Slamet Mulyadi SST menyampaikan Pelatihan ini bertujuan untuk menciptakan penerimaan siswa baru yang lebih objektif, transparan dan bertanggung jawab.

“Hari ini kami undang operator dan ketua panitia PPDB di masing-masing satuan pendidikan. Sebab, operator harus memahami betul, teknis penggunaan aplikasi PPDB secara online. Termasuk, aturan-aturan apa saja yang ada pada PPDB 2021,”ungkap Slamet.

Adapun jumlah operator yang dilatih, SD sebanyak 103 petugas, MI 44 petugas, dan SMP 52 petugas, sehingga totalnya 199 operator.

Ditambahkan Slamet, yang perlu diperhatikan oleh tiap satuan pendidikan pada saat pelaksanaan PPDB adalah jalur pendaftaran, baik secara online maupun offline. Seperti tahun sebelumnya, Pelaksanaan PPDB tahun 2021 menggunakan empat jalur pendaftaran yakni jalur zonasi, jalur afirmasi, jalur prestasi, dan jalur perpindahan orang tua.

“Kemudian, verifikasi data yang diperlukan pada saat PPDB. Ini yang perlu diperhatikan bersama sehingga sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku. Mereka harus betul-betul mengetahui tugas dan fungsinya pada pelaksanaan PPDB 2021, yang akan digelar bulan Juni ini,”imbuhnya.

Terkait persyaratan calon peserta didik, Ia mengatakan bahwa masih sama seperti tahun-tahun sebelumnya yakni sebagai prasyarat pendaftaran meliputi Kartu Keluarga (KK), dokumen yang membuktikan telah menyelesaikan pendidikan di satuan pendidikan, dan pas foto ukuran 3x4.

“Untuk pendaftaran PPDB secara online dapat diakses melalui http://ppdb.dindik.pekalongankota.go.id/. PPDB akan mulai dibuka tanggal 21-25 Juni mendatang,”pungkasnya.

(Tim Komunikasi Publik Dinkominfo Kota Pekalongan)