Diikuti 4.200 Atlet Pelajar, POPDA Kota Pekalongan 2023 Resmi Digelar

Ribuan pelajar Kota Pekalongan bertanding dalam Pekan Olahraga Pelajar Daerah (POPDA) Kota Pekalongan Tahun 2023 yang diselenggarakan oleh Pemerintah Kota Pekalongan melalui Dinas Pariwisata, Kebudayaan,  Pemuda, dan Olahraga (Dinparbudpora) setempat. Tercatat sebanyak 4.200 atlet SD/MI, SMP/MTs, SMA/SMK/MA tingkat Kota Pekalongan akan adu prestasi dalam perhelatan olahraga yang berlangsung pada 23 Oktober- 5 Oktober 2023. Pembukaan POPDA tersebut dilakukan secara simbolis oleh Walikota Pekalongan, HA Afzan Arslan Djunaid, didampingi Kapolres Pekalongan Kota, AKBP A Recky Robertho, Kasdim 0710/Pekalongan, Mayor Kavaleri Akhmad Thohir, Sekda Kota Pekalongan, Nur Priyantomo, Kepala Dinparbudpora, M Sahlan, Ketua KONI Kota Pekalongan, Edywan berlangsung di Stadion Hoegeng Kota Pekalongan, Senin (23/10/2023). Pembukaan dimeriahkan oleh penampilan deville dari masing-masing kontingen sekolah.

Walikota Pekalongan, HA Afzan Arslan Djunaid mengaku bersyukur, pembukaan POPDA tingkat Kota Pekalongan Tahun 2023 berlangsung meriah dan sukses. Dimana, antusias peserta dan guru pendamping dari berbagai sekolah ini sangat tinggi. Menurutnya, POPDA ini bisa menjadi batu loncatan bagi para pelajar sekolah di Kota Pekalongan untuk mengukir prestasi yang cemerlang di bidang olahraga sesuai bakat dan minatnya.

"Mereka punya minat dan bakat untuk mengukir prestasi ke jenjang selanjutnya, pembinaan prestasi di KONI, dan mewakili Kota Pekalongan untuk berprestasi di pertandingan serupa di kancah Provinsi Jawa Tengah, Nasional maupun Internasional," ujar Mas Aaf, sapaan akrabnya.

Mas Aaf menilai, dimulai dari pertandingan POPDA ini bisa mencetak bibit-bibit atlet potensial asal Kota Pekalongan yang nantinya bisa mengikuti ajang bergengsi dan berprestasi di tingkat Provinsi, Nasional, maupun Internasional, seperti di Sea Games. Pihaknya berpesan agar para peserta POPDA bisa menjunjung tinggi sportivitas dan memberikan permainan yang terbaik bagi sekolah yang diwakilinya.

"Saya tekankan kepada para pelajar sekolah di Kota Pekalongan, kalau mereka memiliki hobi dan bakat bisa ditekuni, diasah sembari tidak melupakan tugas utama sebagai seorang pelajar yaitu belajar. Jangan lupa hormati juga orangtua dan guru. Mudah-mudahan mereka bisa membawa nama baik Kota Pekalongan dan meningkatkan prestasinya sesuai bakat dan minatnya," tegasnya.

Sementara itu, Kepala Dinparbudpora Kota Pekalongan, M Sahlan menerangkan, tujuan diselenggarakannya POPDA ini diantaranya memberikan kesempatan bagi pelajar guna mengembangkan minat dan bakatnya di bidang olahraga, sebagai ajang evaluasi pembinaan olahraga di sekolah-sekolah, sarana memupuk, memelihara dan menggalang
 persatuan dan kesatuan diantara pelajar se-Kota Pekalongan, dan sebagai sarana penjaringan atlet guna menghadapi POPDA tingkat Jawa Tengah dan Nasional dengan mengusung tema " Sportif Meraih Prestasi". Sahlan menyebutkan, adapun POPDA ini diikuti oleh total 4.200 siswa-siswi tingkat SD/MI, SMP/MTS, SMA/SMK/MA  dan 750 official. Untuk kontingen total ada 73 kontingen terdiri dari 4 kontingen tingkat SD/MI, 37 kontingen jenjang SMP/MTS, dan 32 kontingen jenjang SMA/SMK/MA. Pelaksanaan mulai tanggal 23 Oktober sampai 5 November 2023 

"Dengan mempertandingkan 17 cabang olahraga (cabor) untuk tingkat SD/MI, SMP/MTS ada 19 cabor, dan 19 cabor untuk SMA/SMK/MA diantaranya cabor renang, taekwondo,woodball, sepak bola, catur, dan sebagainya," tandasnya.