Demi Kelancaran Ibadah Haji, Kemenag Beri Bimbingan Manasik Haji Tingkat Kota

Kota Pekalongan - Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kota Pekalongan mulai memberikan bimbingan manasik jemaah haji reguler tingkat Kota Pekalongan Tahun 2024 yang diikuti oleh 335 orang Calon Jemaah Haji (CJH) asal Kota Pekalongan, berlangsung di Hotel Park Side Mandarin Pekalongan, Senin (22/4/2024).

Kepala Kemenag Kota Pekalongan, Kasiman Mahmud Desky mengungkapkan bahwa, adapun tujuan kegiatan bimbingan manasik haji ini adalah agar calon jemaah haji paham dan mengerti rangkaian ibadah haji mulai dari tanah air hingga ke tanah suci. Sebab, sebelum diberangkatkan ke tanah suci, untuk beribadah haji, calon jemaah haji harus dibekali pengetahuan yang cukup terkait dengan pelaksanaan ibadah. Salah satunya pembekalan yang diberikan adalah dengan Manasik Haji.

"Tujuan kegiatan ini adalah untuk membekali CJH dengan pengetahuan, pengalaman, dan praktik dasar mengenai ibadah haji serta meningkatkan kemandirian bagi mereka,"tutur Kasiman.

Menurutnya, kegiatan bimbingan manasik haji menjadi bagian pembinaan dan pengarahan bagi calon jemaah di tingkat Kota Pekalongan, dalam hal ini Kantor Kemenag yang dilaksanakan sebanyak 2 kali, kemudian dilanjutkan pembinaan di tingkat Kantor Urusan Agama (KUA) kecamatan masing-masing sebanyak 6 kali. Untuk pelaksanaan praktek manasik haji ditargetkan pada akhir April atau awal Bulan Mei 2024.

Kasiman juga menekankan pentingnya menjaga kesehatan bagi seluruh CJH Kota Pekalongan hingga hari keberangkatan tiba. Hal ini merupakan upaya untuk memastikan bahwa setiap CJH siap secara fisik dan mental menghadapi perjalanan spiritual yang sangat berarti. Dengan adanya kegiatan ini, pihaknya berharap, Calon Jemaah Haji dapat melakukan ibadah haji dengan lancar dan maksimal, serta dapat kembali ke tanah air dalam keadaan sehat dan selamat.

"Dengan pembekalan yang memadai, diharapkan seluruh jemaah haji dari Kota Pekalongan nantinya dapat melaksanakan serangkaian ibadah haji dengan lancar dan penuh khikmad,”pungkasnya. (Dian).