Dekranasda Kota Pekalongan, Tarik Minat Konsumen Lewat Live Shopping

Kota Pekalongan - Sebagai salah satu upaya guna mengembangkan, mengenalkan serta mempromosikan produk Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) binaannya kepada masyarakat, Dewan Kerajinan Nasional (Dekranasda) Kota Pekalongan memanfaatkan fitur instagram live untuk menarik minat para konsumen melalui kegiatan live shopping.

Seperti yang kita ketahui, live shopping merupakan aktivitas ketika penjual melakukan siaran belanja secara langsung. Konsumen, yang dapat disebut juga sebagai penonton, dapat berkomunikasi tentang produk yang dijual, mulai dari harga dan variasi produk lainnya. Penjual dapat secara langsung menunjukkan bentuk fisik produk yang mereka jual, sehingga konsumen dapat melihat dan menilai langsung. 

Kegiatan ini, merupakan inisiasi dari Ketua Dekranasda kota Pekalongan, Hj Inggit Soraya. Ia mengungkapkan, di era digital seperti sekarang, UMKM dituntut untuk bisa mempromosikan hasil inovasi dan produk mereka dengan menggunakan media sosial, sebab keseharian masyarakat sangat bergantung dengan gadget dan juga media sosial. 

“Saya sebagai ketua dekranasda, memberikan masukan untuk dekranasda, supaya orang-orang ini tahu produk UMKM kota pekalongan, karena sekarang sudah jamannya medsos dan juga sudah menjadi kebutuhan dekranasda, jadi kita promosikan lewat instagram yaitu kegiatan live shopping,” terang Inggit.

Live shopping tersebut rutin dilaksanakan setiap hari selasa mulai pukul 09.00 hingga 12.00 melalui akun instagram dekranasda yaitu @dekranasda_kotapekalongan dengan menggandeng tiga UMKM binaan Dekranasda kota Pekalongan dan mendatangkan langsung para owner UMKM tersebut. 

“Live shopping ini tujuannya kita memperkenalkan produk-produk yang ada di dekranasda kota pekalongan dan kita mengajak langsung ownernya untuk mempromosikan produknya secara singkat, untuk lebih detail bisa menghubungi dari owner maupun bisa datang langsung ke showroom dekranasda langsung yang ada di museum batik,” kata Inggit.

Inggit berharap dengan adanya kegiatan ini, dapat membantu dan membangkitkan UMKM khususnya binaan Dekranasda kota Pekalongan yang sempat terpuruk selama masa pandemi.

(Tim Komunikasi Publik Dinkominfo Kota Pekalongan)