Dashat Kelurahan Jenggot ResmI Dilaunching

Kota Pekalongan - Setelah memiliki kampung keluarga berkualitas (KB), Kelurahan Jenggot resmi launching dapur sehat atasi stunting (Dashat) untuk mendukung target pemerintah kota Pekalongan dalam percepatan penurunan angka stunting, Kamis (11/8/2022).

Dashat resmi dilaunching oleh Ketua TP PKK Kota Pekalongan, Inggit Soraya didampingi Kepala Dinas Sosial Pengendalian Penduduk dan keluarga berencana (Dinsos P2KB), Yos Rosidi serta perwakilan pengendalian penduduk BKKBN Jawa Tengah, Adi Setyo Pramono.

Yos mengatakan setelah diresmikan dan dibentuk pengurus, Dashat diharapkan dapat menjangkau masyarakat, melakukan penyaluran informasi kepada opd terkait, menyediakan menu makanan sehat untuk sejumlah sasaran pencegahan stunting yakni, calon pengantin, ibu hamil, ibu menyusui dan anak yang berisiko stunting dan tidak mampu.

Dikatakan Yos, untuk melakukan pencegahan dan penanganan stunting, sudah terbentuk 236 tim di seluruh kelurahan kota Pekalongan. Ia menargetkan kampung KB dan Dashat dapat terbentuk di 27 kelurahan, “Kampung KB tidak hanya di wilayah tertentu, semua kelurahan membentuk kampung KB, harus membentuk Dashat, sehingga nanti mereka yang berpotensi stunting bisa ditangani langsung melalui tindakan yang nyata, lebih mengerucut,” bebernya.

Lebih lanjut, Inggit menilai inovasi Dashat sangat luar biasa dan sangat tepat dalam rangka upaya menurunkan angka stunting yang masih menjadi isu penting dan membutuhkan aksi bersama, ia ingin inovasi ini dapat diikuti oleh kelurahan lain.

“Angka stunting adalah isu yang perlu kita perhatikan dan aksi bersama-sama, itu tidak dari PKK saja namun juga stakeholder dari berbagai OPD, bisa membantu terutama pada masyarakatnya yaitu diawali keluarga,” tandas Inggit

Sementara itu, Adi meminta agar seluruh stakeholder seluruh stakeholder untuk mendukung kampung KB juga dashat dalam rangka pencapaian peningkatan kualitas sumber daya manusia di tahun 2045 mendatang dan menurunkan angka stunting di Jawa Tengah hingga 14 persen.

(Tim Komunikasi Publik Dinkominfo Kota Pekalongan)