CYOF, Wujudkan Generasi Berani Bermimpi Besar

Dalam rangka mewujudkan generasi berani bermimpi besar, SMA Negeri 1 Pekalongan menghelat kegiatan training motivasi Create Your Own Future (CYOF) di Ruang Jlamprang Setda Kota Pekalongan selama 2 hari, Jumat-Sabtu(16-17/2/2024). Kegiatan rutin tahunan ini dilakukan oleh SMA Negeri 1 Pekalongan kepada siswa-siswi kelas XII yang akan menghadapi ujian dan lulus.

Selain memberikan training motivasi dari narasumber, para siswi juga diberikan materi mengenai softskill untuk mengantarkannya pada kesuskesan dalam meraih impian di masa depan.

Wakil Kepala Sekolah Bidang Kesiswaan pada SMA Negeri 1 Pekalongan, Erna Yuliana menjelaskan bahwa, acara CYOF yang rutin diadakan ini mendapat dukungan dan biaya penuh dari salah satu alumni SMA Negeri 1 Pekalongan Tahun 1987 sekaligus seorang pengusaha sukses di Indonesia, Heppy Trenggono. Menurutnya, CYOF ini pertama kali dilaksanakan pada Tahun 2006, namun saat pandemi Covid-19 selama 2 tahun sempat ditiadakan, dan di Tahun 2024 ini kembali dihelat kedua kalinya setelah pandemi usai.

"Alhamdulillah, anak-anak didik kelas XII kami sangat antusias sekali mengikuti acara CYOF ini. Kali ini, kegiatan CYOF diikuti oleh semua kelas XII SMA Negeri 1 Pekalongan sejumlah 320 siswa-siswi. Adapun untuk panitianya sendiri diambil dari siswa-siswi kelas X dan kelas XI,"ucapnya.

Erna menilai, acara CYOF ini sangat penting bagi peserta didiknya karena berisikan kegiatan motivasi, perencanaan masa depan usai lulus dari bangku SMA, dan persiapan ujian sekolah bagi kelas XII. Selama 2 hari, ratusan siswa ini diberi motivasi dan juga gambaran bagaimana nanti setelah lulus, agar para siswa juga bisa memantapkan pilihannya setelah lulus apakah mau bekerja atau kuliah di perguruan tinggi yang mereka idamkan. Para siswa juga diberi materi tentang membangun karakter agar sukses dalam menghadapi tantangan di masa depan.

"Acara dimulai dari pukul 08.00 sampai dengan pukul 21.00 WIB. Bapak Heppy Trenggono sendiri selaku sponsor utama acara CYOF ini juga mengisi acara ini sebagai narasumber dan motivator. Kemudian, di hari kedua ada bekal melihat peluang berwirausaha bagi peserta. Jadi, anak-anak dilatih berjualan produk dari usaha Pak Heppy Trenggono ke masyarakat. Ini menjadi sebuah tantangan bagi anak-anak kami untuk menjadi seorang wirausahawan itu tidak mudah, banyak hal yang harus diperjuangkan,"tegasnya.

Ditambahkan Ketua Panitia CYOF, Rizky Amalia, Ketua menerangkan, adapun tema yang diusung dari kegiatan CYOF tahun 2024 ini adalah 'Gariskan Jayamu dengan Mudah, Goreskan Sudut Pandang yang Indah' yang disesuaikan dari konsep tahun ini yaitu mengenai geometri.

"Semua persiapan acara ini dihandle oleh peserta didik kelas X dan XI yang tergabung dalam OSIS dan panitia tambahan. Lalu, kami komunikasikan dengan tim dari Pak Heppy Trenggono dan bapak dan ibu pembina. Kami berharap, para peserta bisa mendapatkan semua ilmu dan pengalaman yang berkesan dari kegiatan CYOF ini,"pungkasnya.