Cegah Stunting, Dinsos P2KB-TNI Gelar Pelayanan KB Gratis

Pencegahan stunting bisa dimulai dari tahap perencanaan kehamilan, seperti yang diketahui target penurunan stunting yang disepakati oleh Pemerintah Provinsi di tahun 2023 angka stunting harus turun hingga 14 persen. Dalam rangka memperingati HUT TNI ke-78, sebagai bentuk sinergitas penurunan stunting antara Pemerintah Kota Pekalongan melalui Dinas Sosial, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (Dinsos-P2KB) dengan TNI digelar baksos pelayanan KB TNI Manunggal Bangga Kencana.

Kepala Dinsos-P2KB Kota Pekalongan, Yos Rosidi melalui kabid pengendalian penduduk dan keluarga berencana, Indria Susanti menuturkan bahwa pelayanan KB serentak dalam rangka HUT TNI ke-78 dilaksanakan sejak 1 September sampai 3 Oktober 2023 di seluruh fasilitas kesehatan setempat, “Sesuai instruksi pusat terkait penurunan stunting, TNI juga kini turut dilibatkan di dalam upaya tersebut khususnya pada pelayanan KB. Pelayanan serempak kita pusatkan di 2 kecamatan yaitu kecamatan Pekalongan Selatan di puskesmas Buaran dan PMB setempat kemudian kecamatan Pekalongan Barat di puskesmas Tirto serta PMB Happy,” terangnya saat ditemui di puskesmas Tirto, Kamis (14/9/2023).

Dikatakan Indria, sasaran pelayanan KB serentak ini yakni Pasangan Usia Subur (PUS) yang belum ber KB dan akseptor KB MKPP. Adapun jumlah akseptor KB yang ditargetkan dalam pelaksanaan kali ini yakni IUD 77, Implan 104, MOW 18 dan MOP 2. Adapun fasilitas yang diberikan kepada akseptor MKJP (IUD, Implan) yakni uang binaan sebanyak 50 ribu dan sembako beras sebanyak 5 kilogram, MOW 300 ribu dan MOP mendapatkan uang ganti biaya hidup sebesar 1 juta rupiah. 

Sementara itu, Wakil ketua Persit Kartika Chandra Kirana Cabang 20 Kodim 0710 Pekalongan, Ny Aisyah Akhmad Thohir berharap kolbariasi yang dilaksanakan ini bisa meningkatkan kesadaran dan partisipasi pasangan usia subur untuk ber KB sehingga nantinya dapat berdampak baik dalam pembangunan kota Pekalongan.