Cegah Stunting, Dinkes Galakkan Aksi Bergizi

Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Pekalongan kembali mengadakan kegiatan Aksi Bergizi dan Gerakan Cegah Stunting melalui Edukasi Kesehatan Seksual dan Reproduksi serta Gizi pada Remaja pada di SMP N 8 Kota Pekalongan beberapa waktu lalu. 

Aksi Bergizi merupakan upaya strategis dalam meningkatkan kepatuhan konsumsi TTD (tablet tambah darah) pada remaja putri yang juga merupakan salah satu indikator layanan intervensi gizi spesifik dalam percepatan penurunan stunting.

Kepala Dinkes Kota Pekalongan, Slamet Budiyanto turut hadir memberikan arahan kepada siswa tentang pentingnya pencegahan stunting sejak dini. "Aksi Bergizi ini merupakan upaya membudayakan kebiasaan sehat bagi siswa supaya menggemari aktivitas fisik serta membiasakan diri untuk mengonsumsi makanan yang bergizi," ujar Budi, sapaan akrabnya. 

Kegiatan diawali dengan senam bersama siswa dan guru dilanjutkan dengan sarapan sehat bersama di kelas masing-masing.  Kegiatan kemudian diisi dengan sosialisasi oleh dokter Lely Prajadari dari Puskesmas Dukuh yang menyampaikan materi terkait gizi pada Remaja. Kegiatan ditutup dengan minum tablet tambah darah bersama.